Kompas.com - 05/04/2013, 07:19 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

engadget.com

KOMPAS.com - Setelah beberapa hari membuat penasaran, Facebook akhirnya meluncurkan "rumah baru" yang bernama Facebook Home hari Kamis (4/4/2013) pukul 1 siang waktu timur Amerika Serikat.

"Kami tak membangun sebuah ponsel, dan kami tak mengembangkan sistem operasi sendiri," ujar pendiri Facebook Mark Zuckerberg di atas panggung, seperti dilaporkan oleh Engadget. Lalu apakah Facebook Home ini?

Facebook Home sejatinya adalah sebuah aplikasi yang sedikit berbeda dibandingkan aplikasi smartphone lainnya karena berjalan di atas sistem operasi tetapi berada di bawah aplikasi lainnya seperti penjabaran pada gambar di bawah.

lb1994
(Gambar:Engadget.com)

Pilihan platform jatuh kepada sistem operasi Android besutan Google. Alasannya disebut Zuckerberg tak jauh-jauh dari sifat "terbuka" OS open-source ini.

Begitu dijalankan, Facebook Home akan mengubah Homescreen dan Lockscreen Android dengan sebuah tampilan baru yang bernama Cover Feed.

Seperti namanya, Cover Feed menyajikan update news feed terbaru dari akun Facebook pengguna dalam bentuk gambar atau foto yang memenuhi layar, diimbuhi sedikit keterangan tertulis mengenai feed yang bersangkutan.

lb2016
Tampilan Cover Feed (Gambar:Engadget.com)

Semua feed ini di-update secara otomatis di latar belakang. Pengguna pun tak perlu membuka aplikasi Facebook atau bahkan membuka lock ponsel untuk mengikuti perkembangan terakhir dari kehidupan sosialnya.

Sebuah feed bisa ditanggapi langsung -misalnya untuk menulis komentar- dengan melakukan double tapping.

Bagaimana jika pengguna ingin mengakses aplikasi lain di smartphone Android miliknya? Cukup sapukan jari dari gambar foto pengguna di bagian bawah Cover Feed, dan semua aplikasi pun bisa diakses dari launcher Android seperti biasa.

Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.