Kompas.com - 24/04/2013, 12:47 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — CEO Apple Tim Cook mengungkapkan keengganan perusahaannya merilis ponsel iPhone dengan bentang layar lebar. Menurut dia, hal tersebut belum bisa dilakukan.

Seperti dilaporkan oleh Cnet, orang nomor satu di Apple ini berpendapat bahwa layar lebar bakal mengorbankan aspek resolusi, layar, white balance, sudut pantulan, dan kompatibilitas aplikasi.

"Para pesaing kami telah mengorbankan aspek-aspek tersebut agar bisa membuat layar yang lebih lebar. Kami tak akan membuat layar iPhone yang lebih lebar selagi pemecahan terhadap masalah ini belum ditemukan," ujar Cook dalam pembicaraan dengan investor, pasca-publikasi laporan keuangan Apple.

Kata-kata Cook sekaligus mengesankan bahwa Apple tak sepenuhnya menutup pintu untuk iPhone dengan layar lebar.

Kemungkinan layar lebar untuk iPhone agaknya tetap ada, asalkan Apple bisa menemukan cara untuk memperbesar ukuran tanpa mengorbankan aspek-aspek di atas.

Apple sendiri sempat beberapa kali dikabarkan berencana merilis iPhone dengan layar lebih lebar dari iPhone 5 yang memiliki ukuran layar 4 inci.

Sebelum kemunculan iPhone 5, Apple bertahan memakai ukuran layar 3,5 inci untuk ponsel pintar buatannya ini.

Belakangan, perangkat-perangkat Android yang menjadi persaing iPhone di pasaran menunjukkan kecenderungan ukuran layar yang semakin besar. Salah satu contohnya adalah Galaxy S4 dari Samsung yang memiliki layar 5 inci dengan resolusi 1920 x 1080. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.