Sesama iPad, Si Mini Jauh Lebih Laris

Kompas.com - 02/05/2013, 14:51 WIB
EditorReza Wahyudi

Apple

KOMPAS.com - Beberapa bulan sejak kemunculannya pada Oktober tahun lalu, popularitas iPad Mini (7,9 inci) disebut sudah mengalahkan "kakaknya", iPad dengan layar 9,7 inci.

Hal tersebut diutarakan sumber yang dikutip Digitimes. Menurut sang sumber, dari 19,5 juta unit iPad yang dikirimkan pada kuartal pertama 2013, sebanyak 12,5 juta di antaranya atau sekitar 64 persen diperkirakan datang dari iPad Mini.

Angka sebenarnya hanya diketahui oleh Apple yang tidak merinci berapa tepatnya angka pengiriman iPad dan iPad Mini.

Namun, informasi dari DigiTimes ini sesuai dengan estimasi lembaga riset NPD DisplaySearch pada Desember tahun lalu. Ketika itu, DisplaySearch memperkirakan Apple bakal mengkapalkan 12 juta unit iPad Mini pada kuartal pertama 2012.

iPad Mini sendiri sebenarnya memiliki spesifikasi teknis yang lebih rendah dibanding iPad "konvensional". Tablet ini pun tidak dilengkapi Retina Display yang sangat tajam, seperti pada iPad 4.

Toh, semua itu disebut tak menghalagi popularitas iPad Mini. Konsumen disebut tertarik pada bentuknya yang kecil dan ringan sehingga mudah dibawa-bawa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bersama produk-produk lain seperti Google Nexus 7 dan Samsung Galaxy Tab, iPad Mini menandai pergeseran tren pasar tablet menuju produk tablet murah dengan ukuran layar 7-8 inci.

Kabarnya pula, Apple sedang menyiapkan dua iPad Mini versi baru yang akan dirilis sekitar kuartal ketiga tahun ini. Satu versi akan dilengkapi layar Retina Display sementara yang lainnya mengusung harga murah untuk bersaing dengan Nexus 7 dan Kindle FIre HD dari Amazon. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.