Main Game Android Bisa Dilanjutkan di iOS

Kompas.com - 16/05/2013, 08:08 WIB
EditorReza Wahyudi

 

KOMPAS.com - Tak lama lagi gamer Android akan bisa menikmati fitur-fitur game Leaderboards dan Multiplayer melalui sebuah layanan baru bernama Google Play Games Services.

Hal itu diumumkan dalam konferensi developer Google I/O yang berlangsung di San Franciso, AS, Rabu (15/5/2013) waktu setempat.

Manajer produk Android Hugo Barra menjelaskan bahwa layanan bernama "Google Play Services" ini menyediakan sinkronisasi game di perangkat Android dengan jaringan cloud milik Google.

Salah satu manfaatnya adalah pengguna bisa menyimpan "save game" pada satu perangkat lalu melanjutkan game dari titik save yang sama dengan perangkat lain.

Game yang mendukung fitur multiplayer, seperti World of Goo, Riptide 2, dan Super Stickman Golf 2 pun akan bisa dimainkan bersama-sama antar-pemilik perangkat Android.

Lalu ada integrasi dengan Google+ untuk urusan Leaderboards dalam game sehingga pemain bisa membandingkan high score yang didapat dengan teman-teman.

Kebanyakan fitur Google Play Services sudah lebih dulu ditawarkan di platform iOS melalui Apple Game Center. Bedanya, layanan milik Google ini bersifat cross-platform alias akan diluncurkan juga untuk perangkat iOS. Jadi, misalnya, setelah main game di Android, gamer bisa melanjutkan game-nya di iPhone atau iPad dengan "save game" yang sama.

 

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X