Kompas.com - 04/06/2013, 21:05 WIB
EditorReza Wahyudi

BANDUNG, KOMPAS.com - BlackBerry Indonesia belakangan ini diterpa isu banyaknya ponsel BlackBerry ilegal atau black market yang beredar di Tanah Air. Menanggapi hal itu, BlackBerry melakukan edukasi pasar agar konsumen hanya membeli produk dari tiga distributor resmi di Indonesia.

Senior Country Product Manager BlackBerry Southeast Asia, Ardo Fadhola mengatakan, ketiga distributor tersebut adalah PT Teletama Artha Mandiri (TAM), PT Comtech Selular, dan PT Surya Citra Multimedia (SCM).

"Jadi tolong belilah BlackBerry dari distributor resmi kami, yaitu TAM, Comtech Seluler, dan SCM. Di luar itu bukan distributor resmi kami, bukan produk jaminan dari kami," tegas Ardo.

Seperti diketahui, Kementerian Perdagangan menyatakan belum mengeluarkan izin edar untuk produk BlackBerry Q10 dan Z10. Sehingga dua model produk BlackBerry tersebut dilarang beredar di Indonesia.

Pihak BlackBerry Indonesia mengatakan telah bertemu dengan perwakilan Kementerian Perdagangan dan menjelaskan masalah ini. "Kami sudah jelaskan kalau produk dari tiga distributor kami itu semuanya lewat jalur resmi, lewat jalur hukum yang benar," kata Ardo di sela acara peluncuran BlackBerry Q10 di Bandung, Selasa (4/6/2013).

Jika konsumen membeli produk yang dipasok dari tiga distributor resmi itu, BlackBerry menjamin produk itu benar-benar baru. Komponen perangkat keras dan perlengkapan seperti baterai serta earphone, juga dijamin keasliannya.

"Kami juga memberi jaminan layanan purna jual. Seperti garansi dua tahun, perbaikan, dan penggantian produk kalau kerusakan bukan disebabkan oleh pengguna," terang Ardo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika ada produk yang dijual jauh lebih murah dari harga pasar, sepatutnya konsumen menaruh curiga karena bisa jadi ada komponen atau perlengkapan yang tidak orisinal. Jika sudah begini maka yang dirugikan adalah konsumen.

BlackBerry Indonesia mengaku tak dapat mengontrol peredaran produk ilegal. Contohnya BlackBerry Q10, produk ini baru akan dipasarkan secara resmi pada 27 Juni 2013. Namun, sebelum tanggal tersebut, ada beberapa pedagang yang telah menjual BlackBerry Q10 dari distributor tidak resmi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.