Pengguna BlackBerry Berpaling dari 'Keypad' QWERTY?

Kompas.com - 11/07/2013, 14:51 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — BlackBerry sudah mulai membuat smartphone touchscreen sejak 2008, tetapi hingga kini sebagian besar produknya masih mengandalkan keypad QWERTY sebagai alat input.

Pengguna BlackBerry sendiri agaknya sudah lebih cenderung memilih perangkat QWERTY layar sentuh ketimbang yang memiliki keypad QWERTY fisik.

Hal tersebut antara lain bisa dilihat dari statistik angka download aplikasi BlackBerry yang dikutip Phone Arena dari Berry Review.

Ternyata pengguna BlackBerry Z10 yang berbasis touchscreen lebih banyak mengunduh aplikasi di BlackBerry App World ketimbang pengguna Q10 (keypad QWERTY) secara keseluruhan setiap bulannya. Ini berlaku untuk aplikasi game ataupun produktivitas.

BerryReview.com
Perbandingan download aplikasi Stuff I Need dan Corky Notes yang dilakukan pengguna BlackBerry Z10 dan Q10.

Dari keseluruhan angka download Stuff I Need yang menjadi judul nomer satu di kategori aplikasi produktivitas, 83,5 persen disumbang oleh BlackBerry Z10. Aplikasi Corky Notes yang duduk di urutan kedua terpopuler juga paling banyak diunduh oleh pengguna Z10, dengan kontribusi 75 persen.

Padahal, BlackBerry Q10 yang mengusung keypad fisik diperkirakan bakal lebih disukai oleh kalangan pebisnis dan profesional yang biasanya memerlukan aplikasi produktivitas.

Angka-angka tersebut secara tidak langsung juga mencerminkan perbandingan jumlah populasi perangkat Z10 dan Q10.

Boleh jadi perbedaan itu disebabkan oleh perbedaan waktu rilis di antara kedua smartphone yang terpaut beberapa bulan, tetapi hingga saat ini tampaknya mayoritas pengguna platform BlackBerry 10 memakai perangkat berbasis touchscreen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.