Nokia Lumia Kok Jalankan iOS?

Kompas.com - 12/07/2013, 13:16 WIB
Nokia Lumia 920 NokiaNokia Lumia 920
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Apa jadinya kalau smartphone Nokia Lumia yang berbasis Windows Phone malah menjalankan sistem operasi iOS? Itulah yang tampaknya "berhasil" dilakukan oleh Pemerintah Amerika Serikat.

Dalam sebuah iklan layanan masyarakat tentang alat keselamatan yang ditayangkan di negeri Paman Sam ini, tampak sebuah smartphone Nokia Lumia berwarna biru muda, lengkap dengan logo Windows di bagian depan.

Smartphone tersebut lantas menampilkan peringatan tornado dari Badan Federal Manajemen Darurat (FEMA) sebagai bagian dari kampanye keselamatan. Dengan meneruskan pesan lewat smartphone, diharapkan warga negara bisa memperoleh informasi bencana dengan cepat.

Akan tetapi, seperti dikutip dari Engadget, bila dicermati lebih jauh, yang ditampilkan di layar Lumia 920 ketika menampilkan peringatan tornado dalam iklan bukanlah sistem operasi Windows Phone, melainkan interface lockscreen di sistem operasi iOS 6 yang notabene dipakai oleh iPhone.

Entah ponsel pintar Windows Phone yang bersangkutan benar-benar dibuat menjalankan iOS ataukah hal tersebut merupakan hasil pengeditan saja.

Yang jelas, FEMA sengaja mengganti tampilan OS Microsoft dengan milik Apple. Apakah Nokia Lumia dipandang fotogenik tetapi mengusung sistem operasi yang kurang familiar tampilannya?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.