Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Patenkan Dashboard Layar Sentuh untuk Mobil

Kompas.com - 15/07/2013, 12:33 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber TechRadar

KOMPAS.com - Apple dilaporkan kembali mematenkan teknologi baru. Kali ini berhubungan dengan dunia otomotif, dalam bentuk sebuah display touchscreen yang bisa memberi feedback pada pengemudi tanpa mengalihkan pandangan dari jalan.

Paten nomer 8.482.535 yang diterbitkan Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO) 9 Juli lalu tersebut mencakup penjelasan tentang "layar sentuh yang bisa diprogram dan antarmuka antara manusia dan mesin untuk meningkatkan instrumentasi dan telematika kendaraan".

Seperti dikutip dari Tech Radar, secara sederhana deskripsi di atas menjelaskan sebuah antarmuka layar sentuh yang menggantikan fungsi kenop, tuas, dan slider pada dashboard kendaraan, misalnya pengontrol AC. (lihat gambar di bawah ini)

Apple/ USPTO
Ilustrasi teknologi layar sentuh pada kendaraan milik Apple


Paten yang diberikan pada Apple ini memungkinkan perusahaan tersebut menerapkan teknologi yang bersangkutan pada dashboard mobil berikut integrasi dengan ponsel.

Selain paten, pada iOS 7 versi beta 3 yang baru dirilis juga ditemukan sejumlah fungsi "developer aksesori" tersembunyi yang antara lain berisi pilihan untuk mentransfer musik, data peta, Siri, dan konten lain melalui WiFi dari iPhone ke dashboard, bahkan ketika ponsel yang bersangkutan sedang disimpan di dalam kantung atau tas.

Nah, apakah Apple mulai serius menggarap integrasi gadget dengan kendaraan? Paten dan fitur baru yang disebutkan tampaknya menunjukkan kecenderungan ke arah itu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com