Apple Patenkan Dashboard Layar Sentuh untuk Mobil

Kompas.com - 15/07/2013, 12:33 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Apple dilaporkan kembali mematenkan teknologi baru. Kali ini berhubungan dengan dunia otomotif, dalam bentuk sebuah display touchscreen yang bisa memberi feedback pada pengemudi tanpa mengalihkan pandangan dari jalan.

Paten nomer 8.482.535 yang diterbitkan Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO) 9 Juli lalu tersebut mencakup penjelasan tentang "layar sentuh yang bisa diprogram dan antarmuka antara manusia dan mesin untuk meningkatkan instrumentasi dan telematika kendaraan".

Seperti dikutip dari Tech Radar, secara sederhana deskripsi di atas menjelaskan sebuah antarmuka layar sentuh yang menggantikan fungsi kenop, tuas, dan slider pada dashboard kendaraan, misalnya pengontrol AC. (lihat gambar di bawah ini)

Apple/ USPTO
Ilustrasi teknologi layar sentuh pada kendaraan milik Apple


Paten yang diberikan pada Apple ini memungkinkan perusahaan tersebut menerapkan teknologi yang bersangkutan pada dashboard mobil berikut integrasi dengan ponsel.

Selain paten, pada iOS 7 versi beta 3 yang baru dirilis juga ditemukan sejumlah fungsi "developer aksesori" tersembunyi yang antara lain berisi pilihan untuk mentransfer musik, data peta, Siri, dan konten lain melalui WiFi dari iPhone ke dashboard, bahkan ketika ponsel yang bersangkutan sedang disimpan di dalam kantung atau tas.

Nah, apakah Apple mulai serius menggarap integrasi gadget dengan kendaraan? Paten dan fitur baru yang disebutkan tampaknya menunjukkan kecenderungan ke arah itu. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber TechRadar
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.