Prosesor Ponsel Bakal Tembus 3 GHz

Kompas.com - 17/07/2013, 11:32 WIB
Ilustrasi ARMIlustrasi
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Kinerja prosesor ARM berkecepatan 1,6 GHz (Exynos 5 Octa) pada Samsung Galaxy S4 sudah bisa dibilang sangat tinggi untuk ukuran saat ini. Apa jadinya bila frekuensi chip ARM bisa didongkrak lebih jauh ke angka 3 GHz?

Itulah yang hendak dicapai oleh ARM pada 2014 mendatang. Dengan proses fabrikasi 20 nm yang baru pada pabrikan chip Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) dan Global Foundries, diharapkan bukan hanya frekuensi itu saja yang bisa dicapai. Yang juga akan dicapai chip tersebut adalah lebih efisien dalam hal penggunaan daya dari generasi terdahulu.

Lebih tepatnya, chip dengan arsitektur baru yang dibuat dengan proses fabrikasi 20 nm tersebut diharapkan bisa memangkas konsumsi listrik sebesar 25 persen.

Prosesor-prosesor ARM terkencang saat ini, semacam Exynos 5 Octa, Qualcomm Snapdragon 800, dan Nvidia Tegra 4 dibuat dengan proses fabrikasi 28 nm yang memiliki batas kecepatan sekitar 2,3 GHz.

Proses fabrikasi yang lebih kecil memungkinkan produsen chip memampatkan lebih banyak transistor dalam setiap prosesor. Kebanyakan dari tambahan transistor tersebut bakal digunakan untuk keperluan pemroses grafis.

Di sisi lain, Intel yang berusaha menyaingi ARM di dunia prosesor mobile pun tak tinggal diam. Chip Clover Trail (Atom Z2580) dari produsen ini, yang digunakan pada Lenovo K900, sanggup mencapai kecepatan 2 GHz.

Prosesor Bay Trail yang rencananya akan dirilis Intel tahun depan bakal dibuat dengan proses fabrikasi 22 nm dengan teknologi "3D Transistor". Chip ini kabarnya mampu menghasilkan performa luar biasa walaupun hanya mengandalkan clockspeed rendah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.