Apple Ternyata Belum Bisa Lepas dari Samsung

Kompas.com - 01/08/2013, 13:49 WIB
Samsung dan Apple Samsung dan AppleSamsung dan Apple
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Beberapa baris kode yang terdapat di iOS 7 beta 4 membuka berbagi tabir misteri produk-produk terbaru milik Apple. Salah satu yang terungkap sebelum waktunya adalah kemungkinan Apple yang tetap menggunakan beberapa komponen dari Samsung.

Seorang developer memberitahukan kepada situs pecinta Apple 9to5Mac, Kamis (1/8/2013), bahwa ia menemukan beberapa baris kode terkait prosesor baru A7 di sistem file.

Sumber lain yang dekat dengan proses desain chip Apple mengungkapkan, ada beberapa komponen Samsung yang nantinya akan digunakan di prosesor baru tersebut. Salah satu kemungkinannya adalah komponen untuk menyediakan tenaga menghidupkan layar.

Apple sendiri sebenarnya sudah beberapa kali dikabarkan ingin berhenti menggunakan komponen Samsung dalam produknya. Keputusan ini diambil karena adanya perseteruan antara dua perusahaan raksasa elektronik tersebut di pengadilan.

Di bulan Juni 2013 lalu, Apple dikabarkan sudah memilih produsen lain untuk memproduksi komponen chip generasi berikutnya, yaitu Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC).

Kerja sama antara Apple dan TSMC diketahui baru akan dimulai pada 2014 mendatang sehingga spekulasi awalnya menyebutkan, Samsung akan menjadi pihak yang memproduksi chip A7. Barulah pada chip A8, A9, dan A9X, TSMC baru akan mulai bekerja.

Selain chip, kode-kode di iOS 7 juga membuka kemungkinan dirilisnya 3 model iPad Mini, termasuk "2.8", "2.9", dan "2.10". Ketiganya memiliki angka yang lebih tinggi dari iPad Mini yang ada saat ini, yaitu "2.5", "2.6", dan "2.7".

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, terdapat juga kode yang memperlihatkan kemungkinan penggunaan sensor pemindai sidik jari. Kode tersebut membuka prediksi, iPhone generasi berikutnya akan digunakan komponen tersebut.



Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X