Kompas.com - 06/08/2013, 15:58 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Rockmelt

KOMPAS.com — Yahoo sedang gencar mengakuisisi perusahaan yang bergerak di bidang media sosial, terutama mobile. Minggu lalu, raksasa internet pimpinan CEO Marissa Mayer ini mencaplok Rockmelt, startup social browsing.

Kabarnya, startup itu dibeli seharga 60-70 juta dollar AS. Menurut sumber-sumber yang dikutip AllThingsD, sebagian besar pembelian tersebut akan dibayarkan dalam bentuk uang. Ada juga insentif saham untuk karyawan Rockmelt. Duet pendiri  Rockmelt, Tim Howes dan Eric Vishria, akan menjabat sebagai eksekutif di Yahoo sebagai bagian dari perjanjian akuisisi.

"Yahoo dan Rockmelt memiliki tujuan yang sama, yaitu membantu pengguna menemukan konten terbaik di internet," tulis Howes dan Wishria dalam pengumuman yang terpampang sebuah posting blog dalam situs Rockmelt.

Perusahaan ini pun memberitahukan bakal menutup semua jenis produk web dan aplikasi buatannya pada tanggal 31 Agustus 2013. Pengguna diimbau untuk mengekspor data-data pribadi dalam bentuk bookmark dan OPML sebelum waktu tersebut.

AndroidPolice.com Tampilan aplikasi Rockmelt di Android

Menurut juru bicara Yahoo yang berbicara pada Reuters, teknologi yang diperoleh Yahoo dari Rockmelt akan dipakai untuk "mengirimkan konten dengan berbagai cara baru".

Rockmelt sendiri adalah perusahaan yang berambisi hendak menantang peramban besar seperti Chrome dengan meluncurkan browser berbasis Chromium pada 2010.

Pendekatan sosial melalui integrasi Twitter dan Facebook yang diandalkan Rockmelt rupanya kurang berhasil menarik pengguna. Perusahaan ini pun mengalihkan fokus ke produk agregator konten yang menarik konten-konten populer dari web. Fungsinya mirip gabungan antara Flipboard dan Digg, ditambah sedikit kapabilitas browsing. Tampilannya sendiri mirip Pinterest.

Karena langsung berencana menutup layanan Rockmelt segera setelah mengumumkan akusisinya, Yahoo agaknya memang mengincar teknologi dan aset-aset SDM dari Rockmelt. Mirip dengan aplikasi penyingkat berita Sumly yang teknologinya diintegrasikan ke aplikasi Yahoo di iOS dan Android.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.