Lenovo Tak Terpengaruh "Kiamat PC"

Kompas.com - 16/08/2013, 10:40 WIB
Logo Lenovo LenovoLogo Lenovo
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - "Kiamat PC" yang banyak dirasakan oleh vendor-vendor tampaknya tidak berlaku terhadap Lenovo. Di saat vendor lain kesulitan mendapatkan laba dari divisi PC, Lenovo membuktikan bahwa divisi ini masih dapat menghasilkan keuntungan yang besar bagi perusahaan.

Informasi tersebut didapatkan dari laporan kuartal pertama yang berakhir pada 30 Juni 2013 yang lalu.

Dalam laporan ini, Lenovo memang menggaris bawahi pencapaian yang didapatkan divisi smartphone dan tablet. Dalam kuartal tersebut, gabungan penjualan kedua divisi ini mampu mengalahkan divisi PC untuk pertama kalinya. Karena prestasinya tersebut, Lenovo pun berhasil bercokol di posisi keempat supplier smartphone terbesar.

Meski kalah dalam penjualan unit, ternyata divisi laptop dan PC lah yang mampu menyumbangkan pendapatan terbanyak bagi Lenovo yang mencapai 8,8 miliar dollar AS di kuartal tersebut.

Memang penjualan PC Lenovo sedikit menurun. Mereka "hanya" mampu mengapalkan 12,6 juta unit PC desktop dan mengalami penurunan 2,8 persen dari kuartal yang sama tahun sebelumnya. Namun, jumlah tersebut menyumbang 2,5 miliar dollar AS atau 28 persen bagi seluruh total pendapatan Lenovo.

Dengan jumlah penjualan tersebut pun, Lenovo telah diganjar sebagai vendor PC terbesar di kuartal tersebut.   

Penjualan unit tablet dan ponsel pintar Lenovo memang mampu melampaui divisi PC. Namun, seperti dikutip dari The Next Web, Kamis (15/8/2013), total pendapatan keduanya hanya mencapai 1,2 miliar dollar AS, sekitar 14 persen dari total pendapatan Lenovo.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan penjualan tablet dan smartphone yang lebih banyak, mengapa pendapatan divisi PC masih bisa unggul dibandingkan keduanya? Jawabannya cukup sederhana. Harga per PC yang dijual ternyata lebih tinggi dibandingkan tablet dan smartphone.

Hal tersebut membuktikan, meskipun terdapat ancaman "kiamat PC", Lenovo tetap mampu mencari celah agar tetap mendapatkan keuntungan yang besar dari divisi ini. Berita yang bagus untuk vendor lain.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X