"Phablet", "Emoji", dan "Selfie" Resmi Masuk Kamus

Kompas.com - 29/08/2013, 13:30 WIB
Contoh emoji di platform iOS AppleContoh emoji di platform iOS
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — "Emoji"? " Phablet"? Apa pula yang dimaksud dengan " selfie"?

Untuk mereka yang belum mengetahui arti kata-kata baru yang muncul dari dunia teknologi tersebut, jawabannya bisa ditemukan di kamus online bahasa Inggris Oxford Dictionary karena mereka telah secara resmi ditambahkan ke sumber referensi itu.

Di sana, "emoji" didefinisikan sebagai gambar digital kecil atau ikon yang digunakan untuk mengekspresikan ide atau emosi dalam komunikasi elektronik.

"Phablet" adalah smartphone yang ukuran layarnya berada di antara komputer tablet dan smartphone lain pada umumnya. Sementara itu, "selfie" adalah gambar diri sendiri yang biasanya diambil dengan smartphone atau webcam untuk diunggah ke media sosial.

Kata-kata lainnya yang juga baru ditambahkan termasuk "hackerspace", "bitcoin", dan istilah dalam percakapan sehari-hari di internet, seperti akronim "TL; DR" (too long, didn't read), "BYOD" (bring your own device), bahkan "srsly" (seriously).

Kata yang terakhir disebut rupanya sudah beredar sejak akhir abad ke-18 dalam sebuah panduan menulis simbol dan singkatan.

Dikutip dari CBS News, penambahan kosakata di kamus online tersebut diumumkan oleh Oxford University Press pada Rabu (28/8/2013) kemarin. Tahun lalu, Oxford juga menambahkan sejumlah kata baru seperti "tweeps" dan "photobomb". Daftar selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber CBS News
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X