SmartShot, Modul "Upgrade" Kamera Ponsel dari Sony

Kompas.com - 02/09/2013, 15:48 WIB
Modul upgrade kamera smartphone Sony DSC-QX10 PetaPixelModul upgrade kamera smartphone Sony DSC-QX10
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sony dikabarkan bakal segera merilis "modul upgrade" kamera untuk smartphone. Produk berbentuk mirip lensa kamera ini sejatinya adalah kamera lengkap -termasuk sensor dan pemroses gambar- yang "ditempelkan" di belakang smartphone dan tersambung ke perangkat pintar tersebut secara nirkabel.

Nah, salah satu kabar terbaru yang dilansir oleh Sony Alpha Rumors menyebutkan bahwa modul upgrade itu nantinya bakal memiliki panggilan resmi " Smart Shot". Nama tersebut mungkin adalah gabungan kata "Smartphone" dan "Cybershot", lini kamera digital milik Sony.

Modul upgrade kamera ini nantinya disinyalir bakal tersedia dalam dua jenis, yaitu DSC-QX10 dan DSC-QX100. Bedanya terletak pada jenis lensa dan sensor.

sonyalpharumors.com
Bocoran gambar Sony "Smart Shot" DSC-QX10

DSC-QX100 disebut memiliki sensor 20,2 megapixel yang sama dengan yang tertanam pada kamera digital premium Sony RX100 Mark II, dipasangkan dengan lensa zoom 3x "Carl Zeiss".

Sementara, DSC-QX10 kabarnya bakal mengusung sensor 18 megapixel seperti pada kamera Sony WX150, dipadu lensa zoom 10x. Berdasarkan bocoran gambar yang beredar, DSC-QX10 agaknya juga akan tersedia dalam pilihan warna putih dengan aksen emas pada tabung lensa.

Baik DSC-QX10 maupun DSC-QX100 akan dilengkapi anti guncangan atau optical image stabilizer. Fitur lain termasuk WiFi/ NFC, slot memori micro-SD, dan baterai internal.

sonyalpharumors.com
Bocoran gambar Sony "Smart Shot" DSC-QX100

Karena tersambung ke perangkat smartphone, disebutkan pula bahwa pengaturan-pengaturan foto seperti zoom, exposure, white balance, dan fokus bisa dilakukan dari ponsel pintar. Hasil tangkapan gambarnya pun bisa disimpan di smartphone dan unit modul lensa secara bersamaan.

Bagaimana dengan harganya? DSC-QX10 dilaporkan bakal dibanderol seharga 250 dollar AS atau sekitar Rp 2,7 juta, sementara harga DSC-QX100 dipatok sebesar 450 dollar AS atau Rp 4,8 juta. Kedua perangkat ini diperkirakan bakal resmi diumumkan pada 4 September mendatang.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X