Kompas.com - 03/09/2013, 11:26 WIB
CEO Nokia, Stephen Elop Altaf Qadri/AP PhotoCEO Nokia, Stephen Elop
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.comMicrosoft mengumumkan secara resmi akan mengakuisisi unit bisnis perangkat dan layanan bisnis Nokia beserta lisensi patennya, Selasa (3/9/2013).

Kesepakatan ini memiliki perubahan besar terhadap pucuk pimpinan di Nokia. Stephen Elop, yang memimpin Nokia sejak September 2010, harus meletakkan jabatannya sebagai CEO Nokia.

Selanjutnya, ia (kembali) menjadi karyawan Microsoft sebagai Wakil Presiden Divisi Perangkat dan Layanan untuk unit bisnis Nokia yang dicaplok Microsoft.

Yang menarik, sebelum menjabat sebagai CEO Nokia pada September 2010, Elop adalah karyawan Microsoft. Posisi terakhirnya adalah Kepala Divisi Bisnis Produk Microsoft Office.

Seperti dikutip dari Engadget, posisi CEO Nokia yang kosong sekarang ini akan diisi oleh pejabat CEO sementara, Risto Siilasmaa, yang sebelumnya merupakan Ketua Dewan Direksi Nokia.

Selain Elop, petinggi Nokia yang akan bergabung ke Microsoft adalah Jo Harlow, Chris Weber, Juha Putkiranta, dan Timo Toikkanen. Mereka adalah nama-nama besar yang selama ini mengasuh bisnis perangkat dan layanan bisnis Nokia.

Microsoft membeli unit bisnis perangkat dan layanan bisnis Nokia senilai 3,79 miliar euro (5 miliar dollar AS) dan 1,65 miliar euro (2,2 miliar dollar AS) untuk lisensi paten Nokia. Jika ditotal, Microsoft harus merogoh kocek 5,44 miliar euro (7,2 miliar dollar AS).

Transaksi akuisisi ini diharapkan rampung pada kuartal pertama 2014.

Microsoft mencatat bahwa pembelian bisnis perangkat, layanan bisnis, dan paten Nokia adalah kunci untuk memajukan bisnis perangkat mobile dan layanan bisnis Microsoft.



Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X