Menjajal Sony Xperia Z1 di Malaysia

Kompas.com - 05/09/2013, 16:01 WIB
Sony Xperia Z1. Deliusno/KOMPAS.comSony Xperia Z1.
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Sony kembali merilis anggota terbaru dari keluarga Xperia Z1. Perangkat tersebut dinamakan Xperia Z1. Untuk wilayah Asia, ponsel pintar ini diluncurkan di negeri jiran, Malaysia.

Wartawan KompasTekno, Deliusno, mendapat kesempatan langsung menjajal Xperia Z1 di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (5/9/2013).

Desain dari produk baru ini sepintas memang tampak mirip dengan produk sebelumnya, Xperia Z. Namun, kalau diamati lebih saksama, terlihat bahwa bagian ujung Xperia Z1 terlihat lebih membulat dibandingkan sang kakak.

Bagian rangkanya pun tampak berbeda. Apabila Xperia Z memiliki material yang dilapisi kaca, maka rangka Xperia Z1 tampak lebih tangguh dengan material aluminium.

Untuk bagian cangkangnya sendiri, Xperia Z1 tampak tidak mengalami perubahan berarti. Bagian belakangnya diselimuti materi kaca, yang akan membawa Anda teringat dengan iPhone 4 dan 4S.


Sony Xperia Z.
Meski memiliki ukuran layar yang sama, yaitu 5 inci, Xperia Z1 tampak lebih tinggi dan bongsor. Menurut pihak Sony, hal ini disebabkan sensor kamera Z1 yang lebih besar. Oleh karena itu, perangkat yang memiliki nama kode Honami ini mau tidak mau harus diperbesar sedikit.

Panel layar yang digunakan sedikit berubah. Di edisi baru ini, Sony memilih menggunakan panel Triluminos, yang pertama kalinya diperkenalkan di produk Xperia Z Ultra. Layar ini tampak lebih cerah dan menampilkan gambar lebih tajam dibandingkan di Xperia Z.

Ukuran dimensinya sendiri besar dan memiliki layar yang luas, Anda tidak bisa meraih seluruh layar dengan satu ibu jari. Anda harus menggenggam Xperia Z1 dengan dua tangan untuk melakukan navigasi.

Masih sama dengan saudara-saudaranya, tombol power berwarna diletakkan di samping kanan. Ia diapit oleh tombol pengatur volume dan slot kartu SIM.

Deliusno/KOMPAS.com
Sony Xperia Z.
Semua slot dan port yang terdapat di Xperia Z1 tertutup rapat. Sony mendesain agar perangkat ini tahan debu dan air. Ia sanggup dibawa menyelam dengan kedalaman 1 meter dalam waktu 30 menit.

Deliusno/KOMPAS.com
Sony Xperia Z.

Sony Xperia Z.
Di sisi atas terdapat jack audio 3,5 mm dan di samping kiri terdapat slot Micro SD.

Dari sisi spesifikasi hardware, prosesor Qualcomm Snapdragon 800 quad-core berkecepatan 2,2 GHz. Prosesor tersebut membuat perangkat ini gegas dan mulus saat buka-tutup aplikasi. Ia juga mampu memainkan beberapa game dengan kualitas terbaik dengan sangat lancar, tanpa adanya lag.

Performa Xperia Z1 juga ditopang RAM 2 GB dan unit pemrosesan grafis Adreno 330. Memori internal 16 GB disediakan untuk menyimpan data, sementara baterai berkapasitas 3.000 mAh.

Kamera bersensor 20,7 megapiksel dilengkapi lampu kilat LED dapat diandalkan untuk mengambil gambar dan video. Kamera depan 2 megapiksel juga memberi kualitas gambar yang baik pada saat video call.

Deliusno/KOMPAS.com
Sony Xperia Z1.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X