Cortana, "Teman" Baru Apple Siri dan Google Now

Kompas.com - 15/09/2013, 10:41 WIB
Cortana, tokoh game Halo MTV.comCortana, tokoh game Halo
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Microsoft dikabarkan sedang mengembangkan sebuah asisten digital via suara ala Siri dan Google Now. Aplikasi tersebut dinamakan Cortana.

Nama kode Cortana sendiri diambil dari tokoh karakter intelegensi buatan dari game Microsoft, Halo. Tokoh tersebut mampu mempelajari dan beradaptasi terhadap penggunanya.

Aplikasi Cortana sendiri kabarnya akan hadir di semua platform Microsoft, seperti Windows Phone, Windows, dan Xbox One.

Fungsinya mirip dengan Siri dan Google Now, yaitu pencarian dan juga perintah via suara pengguna. Selain itu, ia akan hadir dengan kemampuan yang lebih canggih. Sama dengan karakter Cortana dalam game Halo, Cortana yang dikembangkan oleh Microsoft ini juga akan dapat mempelajari tingkah laku penggunanya dan beradaptasi terhadapnya.

Nantinya, kemampuan Cortana akan bergantung kepada teknologi dari layanan pencarian milik Microsoft, Bing.

CEO Microsoft Steve Ballmer sebenarnya pernah memberikan petunjuk tentang kehadiran Cortana dalam sebuah memo kepada para karyawannya.

"User interface kita akan dapat dipersonalisasi secara mendalam, berbasiskan pada kepintaran, nyaris magis, yang lebih maju di produk cloud kita yang akan mempelajari lebih dan lebih tentang orang-orang dan dunia," tulis Ballmer, seperti dikutip dari ZDNet, Jumat (13/9/2013).

Sayangya, para konsumen yang penasaran akan aplikasi Cortana ini harus menunggu cukup lama untuk mencobanya. Menurut seorang eksekutif Microsoft, aplikasi ini baru akan hadir paling cepat tahun 2014.



Sumber ZDNet
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X