BBM Android-iPhone Gratis, Apa Untung BlackBerry?

Kompas.com - 21/09/2013, 08:30 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com — Aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) dipastikan hadir di Android dan iPhone tanpa biaya bulanan maupun tahunan, alias gratis. Langkah ini mengundang banyak pertanyaan, apakah BlackBerry akan mencari untung dari BBM di platform kompetitor? Atau, BlackBerry sengaja "bunuh diri?"

Melepas BBM ke platform lain merupakan strategi masa depan BlackBerry untuk memperkuat bisnis perangkat lunak. Perusahaan tak bisa selamanya bergantung pada bisnis perangkat kerasnya. Apalagi, pangsa pasar ponsel BlackBerry terus direbut para pesaingnya.

Meski digratiskan, BlackBerry mengaku telah merancang strategi bisnis untuk menghasilkan uang dari layanan BBM di Android dan iPhone.

Senior Director Marketing Asia Pacific BlackBerry, Krishnadeep Baruah, meyakini BBM akan meraih sukses dalam persaingan aplikasi pesan instan karena BBM memiliki sejumlah keunggulan yang tak dimiliki aplikasi sejenis.

"Kami sudah memiliki rencana untuk menghasilkan uang dari layanan BBM di Android dan iPhone. Itu semua sudah ada di roadmap kami," kata Senior Director Marketing Asia Pacific BlackBerry Krishnadeep Baruah, dalam jumpa pers "BBM for Everyone" di Jakarta, Kamis (19/9/2013).

Namun, Baruah enggan menjelaskan secara detail strategi macam apa yang akan dijalankan BlackBerry.

Tak menutup kemungkinan, BlackBerry akan meniru langkah aplikasi pesan instan lain, seperti Line dan KakaoTalk, yang menjual stiker atau item digital lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami juga akan mengembangkan BBM Video, BBM Music, dan BBM Channels untuk Android dan iPhone," tambahnya.

Pada tahap awal, BBM di Android dan iPhone memiliki fungsi standar untuk berkirim pesan teks, mengirim voice note dan video singkat, serta membuat grup diskusi. Pengguna Android dan iPhone juga dimungkinkan mengganti gambar profil atau status.

BBM untuk Android bisa diunduh di Play Store pada 21 September jam 18.00 WIB. Sementara di iPhone, BBM bisa diunduh di App Store pada 22 September jam 00.01 WIB. BBM lintas platform ini hanya dapat berjalan di perangkat yang memakai sistem operasi Android versi 4.0 ke atas dan iOS 6 ke atas.

Update: Setelah tertunda satu bulan, BlackBerry akhirnya resmi meluncurkan kembali BBM untuk Android dan iPhone pada Senin (21/10/2013). (Baca: Resmi, BBM untuk Android dan iPhone Suda Bisa Diunduh). Aplikasi resmi BBM lintas platform dapat diunduh dari tautan ini untuk pengguna Android dan tautan ini untuk pengguna iPhone.

Baca juga:
BBM di Android dan iPhone Butuh BlackBerry ID, Bagaimana Cara Membuatnya?
BBM di Android dan iOS, Apa Guna BlackBerry?

Ikuti perkembangan berita ini di topik:
BlackBerry Messenger di Android dan iOS



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X