Kompas.com - 30/09/2013, 10:54 WIB
Bendera Republik Rakyat China The GuardianBendera Republik Rakyat China
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Bendera Republik Rakyat China

KOMPAS.com - Lantaran khawatir akan dampak buruknya terhadap perkembangan mental dan fisik anak-anak, pada tahun 2000 silam pemerintah China memutuskan untuk melarang peredaran konsol game.

Tiga belas tahun berlalu, Negeri Tirai Bambu tersebut minggu lalu mengumumkan bakal mencabut ketentuan itu.

Sebagaimana dikutip dari The Verge, nantinya para pemain di bisnis konsol game semacam Sony (PlayStation) dan Nintendo akan bisa mamasarkan produk-produk mereka ke seantero China. Syaratnya, mereka harus membatasi kegiatan produksi di penjualan di wilayah perdagangan bebas Shanghai.

Setiap konsol game juga wajib mendapat sertififikasi dari Kementerian Kebudayaan China sebelum memasuki pasar.

Pengumuman tersebut muncul menyusul berita sebelumnya bahwa China mulai membolehkan warganya mengakses jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Sama seperti konsol game, peraturan ini berlaku untuk wilayah perdagangan bebas Shanghai.

Mulai 29 September,  sebagian wilayah kota Shanghai memang berubah status menjadi Free Trade Zone dengan sejumlah "keistimewaan" seperti peraturan yang lebih longgar tekait kegiatan bisnis pihak asing. Status ini mirip dengan yang juga diterapkan pada Hong Kong.

Belum jelas kapan penjualan konsol game akan dimulai di China ataupun reaksi konsumen terhada "barang baru" tersebut. Selama lebih dari satu dekade, konsol game hanya tersedia di pasar gelap dan para gamer China telah terbiasa bermain di komputer serta gadget mobile. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.