BBM Android dan iPhone Tinggal Hitungan Hari

Kompas.com - 16/10/2013, 10:04 WIB
BlackBerry Messenger di Android dan iPhone BlackBerry Messenger di Android dan iPhone
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — BlackBerry masih berniat untuk meluncurkan aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) lintas platform di perangkat Android dan iPhone. Setelah batal merilis BBM lintas platform pada akhir September lalu, kini BlackBerry kembali menjanjikan kehadiran aplikasi pesan instan populer tersebut.

Chief Marketing Officer Frank Boulben mengatakan kepada Reuters, Senin (14/10/2013), bahwa aplikasi BBM lintas platform akan hadir "dalam beberapa hari lagi". Sayangnya, ia tak menyebut tanggal pasti peluncurannya.

BlackBerry mengklaim telah menyelesaikan masalah kelebihan kapasitas server yang disebabkan oleh aplikasi BBM untuk Android yang masih dalam tahap uji coba. Aplikasi yang belum final itu dipasang oleh 1,1 juta pengguna Android, dan ternyata memakan banyak traffic data di server BBM.

Sebelumnya, BlackBerry menjanjikan kedatangan BBM untuk Android pada 21 September, tetapi hingga kini aplikasi tersebut tak kunjung dirilis. Sementara untuk iPhone, aplikasi BBM sempat muncul pada 21 September di Apple App Store, tetapi ditarik kembali pada 22 September 2013. Penundaan ini disebut BlackBerry karena munculnya aplikasi BBM tak resmi untuk Android yang mengakibatkan gangguan teknis di server.

Saat ini, aplikasi BBM untuk Android tengah diuji coba kembali oleh beberapa pengguna yang diundang secara khusus oleh BlackBerry. Aplikasi BBM versi beta ini disebutkan mendapat telah mendapat perbaikan dan perubahan minor dari segi tampilan.

Aplikasi BBM untuk Android dan iPhone memiliki fitur standar, sebatas mengirim pesan teks, voice note, gambar, membuat grup diskusi berisi 30 kontak. Ia belum memiliki fitur BBM Voice, BBM Video, dan BBM Screen Share, dan BBM Channel.

BBM nantinya hanya mau berjalan di ponsel dengan sistem operasi Android versi 4.0 ke atas dan iOS versi 6 ke atas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga:
- BBM Android-iPhone Gratis, Apa Untung BlackBerry? http://kom.ps/AF3E3T
- BlackBerry Messenger Vs WhatsApp, Bagus Mana? http://kom.ps/AF2wiC
- BBM Android-iPhone Butuh BlackBerry ID, Caranya? http://kom.ps/AF2ulu

Ikuti perkembangan berita ini di topik:
BlackBerry Messenger di Android dan iPhoneDapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.