Digilive, Tempat Nonton Konser Secara Digital

Kompas.com - 16/10/2013, 10:27 WIB
Digilive menayangkan konser grup musik SuperGlad secara live streaming, Sabtu (12/10/2013). DigiliveDigilive menayangkan konser grup musik SuperGlad secara live streaming, Sabtu (12/10/2013).
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah situs web baru bernama Digilive coba menawarkan sensasi menonton konser secara digital. Situs yang beralamatkan www.digilive.co.id ini, menampilkan video konser dari musisi lokal secara live streaming.

Digilive mulai dikembangkan sejak 2012 lalu. Situs ini belum resmi diluncurkan, namun sudah bisa diakses oleh publik, meskipun belum sempurna. Dalam waktu dekat, Digitama Group selaku pengelola Digilive, akan meluncurkan situs ini secara resmi.

Untuk dapat mengetahui konser musisi apa saja yang akan live streaming di Digilive, pengguna dapat melihat di jadwal Live Schedule. Di sana terpampang informasi nama musisi, tanggal, tempat, dan waktu konser yang akan ditayangkan secara live streaming.

Marketing Communications Digilive, Iyut Syfa mengatakan, Digilive telah bekerja sama dengan banyak grup musik dan penyanyi lokal. "Kebanyakan adalah musisi indie," katanya kepada KompasTekno.

Iyut mengklaim, Digilive merupakan situs web yang menampilkan video konser live streaming pertama di Indonesia.

Namun, menurut pengamat musik Widi Asmoro, Digilive bukanlah yang pertama menawarkan video konser live streaming di Indonesia. Sebelumnya, MusikKamu.com pernah menawarkan hal serupa. "Google+ Share the Stage juga pernah melakukan hal itu, dan dilengkapi dengan wawancara dari musisi yang bersangkutan," ujar Widi saat dihubungi via telepon.

Ada beberapa tantangan yang harus dihadapi Digilive dalam menyajikan konser secara live streaming, di mana penggunanya tak dapat merasakan suasana di lokasi tempat konser berlangsung. Agar dapat meraih sukses, menurut Widi, Digilive harus mengemas konser dengan kualitas video dan audio standar siaran televisi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mereka harus bisa menawarkan video konser dengan standar siaran TV, meskipun medianya adalah internet," ujarnya.

Digilive sudah melakukan uji coba meliput dan menampilkan video konser live streaming perdananya pada acara Social Media Festival 2013 di FX Sudirman, Jakarta, Sabtu (12/10/2013).  Grup musik yang pertama diliputnya adalah Morfem dan SuperGlad. Dalam peliputannya, Digilive membawa peralatan yang selanjutnya akan ditata untuk merekam audio dan video, dan ditayangkan langsung di situs Digilive.

Di kemudian hari, Iyut menjanjikan Digilive akan menyediakan aplikasi untuk perangkat Android dan Apple iOS. Digilive juga akan terintegrasi dengan toko musik online Digibeat.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.