Kompas.com - 18/11/2013, 15:00 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Asus merupakan salah satu vendor notebook yang cukup rajin dalam merilis produk berbasis Windows 8. Salah satu produk dengan spesifikasi tersebut yang sudah beredar adalah Asus Taichi.

Asus Taichi mengusung konsep yang cukup unik. Ia merupakan gabungan antara notebook dan tablet.

Asus mengambil langkah praktis dengan memasang dua layar kedua persis di belakang layar utama pada notebook ini. Alhasil, pengguna cukup menutup notebook saat ingin memfungsikan perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows 8 tersebut sebagai tablet.

Layar kedua/eksternal Taichi memilki fitur touchscreen dan input stylus serta bisa diatur sebagai mirror dari display utama atau bekerja secara independen. Pengguna pun bisa menjalankan aplikasi berbeda melalui layar eksternal milik Taichi.

Taichi tersedia dalam dua ukuran layar, yaitu 13,3 inci dan 11,6 inci. Keduanya menggunakan jenis panel display Super IPS+ dengan resolusi 1920x1080.

Ketika ditutup, Taichi bekerja layaknya tablet Windows 8, lengkap dengan tombol-tombol fisik (volume, pengunci orientasi layar) di sekeliling layar eksternal-nya. Saat dibuka, Taichi berubah menjadi komputer notebook yang memiliki keyboard chiclet full-size dan trackpad.

Di dalamnya, Asus melengkapi Taichi dengan prosesor Intel Core-i7 Generasi Ketiga ("Ivy Bridge") dipadukan dengam RAM sebesar 4 GB. Untuk keperluan penyimpanan data digunakan SSD, sementara port I/O yang disediakan mencakup dua buah konektor USB 2.0, Micro HDMI, dan mini DisplayPort.

Menggunakan konsep yang cukup unik, notebook-tablet, Asus Taichi diganjar penghargaan "Taiwan Excellence Silver Award 2013" oleh pemerintah Taiwan.

Taiwan Excellence sendiri digagas dan diselenggarakan oleh Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) dan memiliki misi mengampanyekan produk-produk TI Taiwan di Indonesia, India, Vietnam, dan tentunya di Taiwan sendiri.

Selain Asus, nama-nama perusahaan TI raksasa asal Taiwan lainnya, seperti Acer, BenQ, D-Link, dan Cyberlink, tergabung dalam kampanye tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.