Samsung Kalah Tenar dari iPhone di Jepang

Kompas.com - 27/11/2013, 12:32 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Samsung memang terlihat dominan di industri smartphone global. Namun, perusahaan asal Korea Selatan ini ternyata tidak mampu berbicara banyak di negara Jepang.

Menurut media The Korea Herald, produk-produk buatan Samsung mulai sepi peminat di Negeri Matahari Terbit. Para penduduk lokal lebih memilih produk buatan Jepang, seperti Sony, Pantech, dan bahkan Sharp.

Menurut survei dari Strategy Analytics, seperti dikutip dari Phone Arena, Rabu (27/11/2013), perusahaan raksasa elektronik ini hanya berhasil menjual satu juta unit perangkat dari portofolio produknya pada periode Juli hingga September 2013 lalu.

Jumlah penjualan tersebut menurun dari 1,9 juta unit di kuartal 4 2012 dan 1,3 juta unit pada kuartal I 2013.

Pangsa pasar yang berhasil diraih oleh Samsung berkat hasil penjualan di kuartal ini adalah sebesar 9,9 persen.

Selain lebih menyukai produk-produk lokal, warga Jepang dikabarkan lebih tertarik untuk membeli iPhone seri terbaru. Apple dikabarkan berhasil menjual 3,8 juta unit (sebesar 38,1 persen pangsa pasar) iPhone 5S dan iPhone 5C.

Sony berada satu peringkat di belakang Apple. Perusahaan asal Jepang ini menjual 1,9 juta unit perangkat di periode tersebut atau pangsa pasar sebesar 18,9 persen.

Sementara, Sharp mampu sedikit lebih unggul dari Samsung dengan berhasil memasarkan 1,1 juta unit perangkat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.