Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/12/2013, 10:13 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Bot makin merajalela di tahun 2013 ini. Jumlah pengunjung website makin dipenuhi oleh bot alih-alih manusia. Hal tersebut dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh Incapsula, perusahaan penyedia layanan berbasis cloud untuk website.

Penelitian yang dilakukan dengan Incapsula memonitor 20 ribu situs Internet yang berada dalam jaringan Incapsula, selama periode 90 hari atau 3 bulan. Hasilnya ternyata mengejutkan.

Incapsula mencatat sekitar 61,5 persen lalu-lintas di Internet berasal dari bot. Angka tersebut meningkat dibanding periode Maret 2012 yang sebesar 51 persen.

Incapsula mencatat,dari 61,5 persen bot tersebut 31 persen di antaranya berasal dari situs pencarian seperti Google dan Bing, beserta dengan bot "baik" mereka. Namun, 30,5 persen lainnya mengandung bot yang dikategorikan sebagai bot jahat (atau "malicious"), termasuk "scrappers" yang mencari dan mencuri konten alamat e-mail.

Ada juga bot hacker yang mencoba mengambil alih website atau menyebarkan malware, serta bot lain yang kerjanya menghambat layanan dan mencoba mengurangi bandwidth sebuah situs.

Namun dikutip dari Neo Win (13/12/2013), jika dibandingkan dengan tahun lalu, aktivitas bot spam telah berkurang hingga 75 persen, dan kini hanya mencapai 0,5 persen dari semua lalu-lintas web.

Menurut Incapsula, hal tersebut terjadi karena usaha Google dalam membatasi link spam otomatis, dengan membuat perubahan dalam algoritma pencarian di situsnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com