10 Tips Agar Puas Belanja Online

Kompas.com - 26/12/2013, 14:15 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Pernahkah Anda kecewa saat berbelanja melalui internet? Jangan takut, Anda tidak sendirian.

Survei yang dilakukan oleh perusahaan e-commerce Rakuten baru-baru ini menunjukkan bahwa sebanyak 84 persen pebelanja online Indonesia punya pengalaman berbelanja online yang tak memuaskan. Hanya 25% pebelanja online yang puas berbelanja online.

Berikut adalah sepuluh tips untuk membantu berbelanja online dari Rakuten. Diharapkan tips ini bisa menghadirkan belanja online lebih cerdas, menghemat waktu dan terhindar dari kekecewaan:

1. Maksimalkan waktu untuk riset.

Sangat bagus untuk terlebih dahulu melakukan riset tentang produk dan menunda keputusan untuk membeli. Tapi bagaimana kalau kita bisa mempergunakan waktu itu dengan sedikit lebih efisien?

Pin board digital seperti Pinterest adalah cara yang bagus untuk mengatur produk-produk yang Anda cari dan bagikan ke teman-teman atau kolega, untuk mengetahui pendapat mereka sebelum memutuskan melakukan pembelian.

Riset dari majalah Harvard Business Review mendapati bahwa 21 persen pengguna Pinterest belanja di toko setelah mem-pin, mem-pin ulang, atau memberikan Like barang-barang yang tampil di pin board.

2. Cari tahu siapa penjaga atau pemilik toko online.

Rakuten Smart Shopping Survey mendapati bahwa lebih dari 40 persen konsumen jarang atau tak pernah berinteraksi dengan merchant ketika berbelanja online. Padahal kita akan sering menyambangi butik atau toko yang memberikan pelayanan bersifat personal.

Jadi, ketika berbelanja online, kenapa tidak mencari situs-situs yang menawarkan opsi berbeda berupa komunikasi yang langsung dan mudah dengan merchant online, sehingga Anda bisa mengajukan pertanyaan tentang produk-produk yang dipajang?
 
3. Lihat baik-baik foto produk dan spesifikasi detilnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X