Sudah Basi, Produk Samsung Tetap Ingin Diblokir

Kompas.com - 30/12/2013, 13:06 WIB
Samsung dan Apple Samsung dan AppleSamsung dan Apple
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Meski telah memenangkan gugatan senilai ratusan juta dollar AS pada November lalu, Apple masih berminat memblokir produk-produk Samsung yang dinilai melanggar paten miliknya.

Akan tetapi, sebagaimana dilaporkan oleh The Verge, sebagian besar produk-produk Samsung tersebut sudah tidak dijual lagi, contohnya Galaxy SII dan Galaxy Tab.

Ada tiga paten Apple yang dilibatkan dalam kasus ini. Ketiganya berkaitan dengan teknologi navigasi touchscreen seperti rubber-banding dan pinch-to-zoom.

Meski produk yang hendak diboikot sudah tak tersedia lagi secara komersial, hal tersebut tetap dipandang penting oleh Apple karena bisa mencegah Samsung memakai teknologi serupa (yang dituduh melanggar paten) di produk-produk masa depan.

Keputusan pengadilan dalam kasus ini juga bisa berperan penting dalam sengketa paten ronde kedua antara Apple dan Samsung yang dijadwalkan dimulai kembali pada akhir Maret 2014.

Apple sebelumnya sudah pernah mengajukan permintaan memboikot produk Samsung, tapi ditolak oleh pengadilan. Bulan lalu, Apple diberi kesempatan untuk meminta hal serupa setelah pengadilan banding membatalkan keputusan sebelumnya.

Di samping itu, Apple juga mengajukan banding atas paten pinch-to-zoom yang dinyatakan tidak valid oleh Kantor Paten dan Merk Dagang Amerika Serikat beberapa minggu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.