Riuh Sesak Pameran Gadget Dunia CES 2014

Kompas.com - 08/01/2014, 15:03 WIB
CES 2014 cesweb.orgCES 2014
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
LAS VEGAS, KOMPAS.com — Ajang pameran teknologi Consumer Electronic Shows ( CES) 2014 resmi dibuka di Las Vegas, AS, Selasa (7/1/2014) waktu setempat. Seperti biasanya, pameran teknologi yang bisa disebut terbesar sejagat yang selalu diadakan pada awal tahun ini menyedot begitu banyak pengunjung.

Padatnya CES 2014 sudah mulai terasa beberapa menit sebelum acara ini benar-benar dimulai. Beberapa meter sebelum tempat acara, Las Vegas Convention Centre, ratusan mobil sudah terlihat mengantre untuk masuk.

Saat di dalam gedung, khususnya di booth-booth perusahaan besar, para pengunjung terlihat berdesak-desakan. Lorong-lorong antara booth disesaki oleh pengunjung. Senggolan antara pengunjung pun tidak terelakkan.

Meskipun begitu, para pengunjung mengaku tidak keberatan mengalami ketidaknyamanan tersebut. Beberapa orang yang KompasTekno wawancarai mengaku, hal kurang nyaman ini tergantikan dengan sajian pameran teknologi yang ada.

CES sendiri untuk pertama kalinya diadakan pada tahun 1967 lalu di kota New York. Sejak dari awal, acara ini sudah menyedot perhatian warga dunia. Ajang tersebut dihadiri oleh 17.500 pengunjung dan lebih dari 100 perusahaan.

Di ajang CES 2014 ini, pihak panitia memperkirakan bakal ada 152.000 pengunjung dan lebih dari 3.200 perusahaan.

Pada tahun 1978 hingga 1994, CES diadakan dua kali pada setiap tahunnya. Pertama diadakan pada awal tahun di Las Vegas dan dikenal dengan nama Winter Consumer Electronics Shows. Kemudian, pada bulan Juni di Chicago dan dikenal dengan nama Summer Consumer Electronics Show.

Setelah mengalami beberapa kali perubahan konsep, pada tahun 1998 akhirnya diputuskan bahwa CES hanya perlu diadakan satu kali setiap tahunnya, yaitu pada bulan Januari di Las Vegas.

Adapun pameran CES memiliki konsep yang berbeda dengan pameran produk elektronik di Indonesia. Apabila pameran di Tanah Air lebih dipusatkan pada ajang jualan, CES lebih ingin menonjolkan teknologi baru dari sebuah vendor. Pameran CES juga mengizinkan vendor untuk memamerkan lini produk baru apa saja yang akan mereka rilis dalam satu tahun ke depan.

Memang di ajang CES ini ada juga pengunjung yang merupakan pihak pembeli. Namun, pihak pembeli di sini kebanyakan distributor atau pihak retailer yang membeli perangkat dalam jumlah besar.

Penasaran dengan suasana CES? Berikut beberapa gambar yang diambil oleh wartawan KompasTekno Deliusno, langsung dari tempat acara CES 2014.

KOMPAS.com/Deliusno
Wartawan KompasTekno, Deliusno, di salah satu pintu masuk CES 2014
KOMPAS.com/Deliusno
Salah satu pintu masuk CES 2014
KOMPAS.com/Deliusno
Booth milik vendor besar, seperti Samsung, biasanya selalu dipadati pengunjung
KOMPAS.com/Deliusno
Pojokan booth Samsung lainnya juga tampak ramai
KOMPAS.com/Deliusno
Pengunjung bisa mencoba sendiri teknologi yang dipamerkan
KOMPAS.com/Deliusno
Merasa jenuh berada di tempat pameran? Disc Jockey cantik ini akan menghibur Anda
KOMPAS.com/Deliusno
Antrean untuk mendapatkan transportasi kembali ke tujuan masing-masing

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X