Kompas.com - 16/01/2014, 15:23 WIB
Smartphone HP Slate 6 yang akan dipasarkan di India Hewlett PackardSmartphone HP Slate 6 yang akan dipasarkan di India
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Rumor yang mengatakan Hewlett-Packard (HP) akan segera kembali ke pasar smartphone Android telah beredar sejak akhir tahun lalu. Kini, teka-teki tersebut semakin jelas seiring dengan rencana HP meluncurkan dua phablet-nya di pasar India.

Dalam wawancaranya dengan re/code, Rabu(15/1/2014), Ron Coughlin, Senior VP for The Consumer PC Business HP mengatakan, HP berencana meluncurkan dua perangkat phabletnya dengan brand Slate 6 dan Slate 7 VoiceTab.

Sesuai namanya, kedua perangkat phablet HP tersebut akan berukuran layar 6 dan 7 inci.

Slate 6 mengusung layar dengan resolusi 1280 x 720 piksel dan Slate 7 adalah 1280 x 800. Keduanya, menggunakan teknologi layar IPS.

Kedua phablet tersebut akan berjalan di atas Android 4.2 Jelly Bean dengan didukung prosesor quad-core. Belum disebutkan pembuat prosesornya, namun kandidat utamanya adalah Qualcomm, Nvidia, dan Mediatek.

Dari sisi kamera, keduanya dibekali kamera depan 2MP dan kamera belakang dengan resolusi 5MP.

Rencananya, kedua phablet akan diluncurkan mulai bulan Februari ini dan akan menggunakan sistem operasi Google Android. Sayangnya, HP belum merilis berapa banderol harga kedua phabletnya tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut HP, India dipilih sebagai debut Slate 6 dan Slate 7 VoiceTab, alih-alih negara di benua Amerika Utara atau Eropa dengan alasan pasar yang masih belum ramai dan terus berkembang.

Produk-produk PC HP di India juga sangat populer. HP memiliki pangsa pasar 32 persen di pasar PC India pada kuartal tiga 2013 menurut lembaga riset IDC.

"Kami melihat kebutuhan di India yang bisa kami penuhi," ujar Coughlin. "Konsumen mencari perangkat yang bisa mereka jangkau, kami rasa masih ada peluang untuk masuk di pasar yang sedang berkembang dimana masih ada kebutuhan yang belum terpenuhi," terangnya lebih lanjut.

Phablet yang mengombinasikan fungsi smartphone dan ukuran perangkat sedikit lebih kecil dari tablet, memang sangat diminati di India. Lembaga riset IDC mengatakan bahwa gadget dengan layar 5-7 inci tumbuh 17 kali di kuartal kedua 2013, dibanding periode yang sama tahun 2012.

Sementara pada kuartal tiga 2013, IDC melaporkan bahwa phablet sudah menginvasi 23 persen dari keseluruhan pasar smartphone India.

Coughlin belum mengonfirmasi apakah HP juga akan masuk ke pasar selain India atau tidak. Sepertinya, India akan dijadikan sebagai tes pasar oleh HP utuk berjualan smartphone.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Recode
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.