Kompas.com - 21/01/2014, 10:48 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Password atau PIN (personal identification number) kini semakin akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Hampir di setiap interaksi kita dengan teknologi membutuhkan kata kunci.

Setiap orang tentunya memiliki alasan masing-masing akan password yang dipilihnya. Namun, terkadang password yang dipilih tersebut terlalu umum dan gampang ditebak.

SplashData, perusahaan pembuat software untuk mengamankan password, baru-baru ini merilis daftar password yang paling sering digunakan masyarakat.

Dikutip dari Recode, tiap tahunnya SplashData membuat daftar password yang mudah dibobol tersebut. Password itu dikumpulkan oleh SplashData dari klien mereka yang akunnya dibobol peretas.

Lalu apa password yang paling banyak ditebak sepanjang 2013? Jawabnya adalah "123456." Password ini pada tahun 2012 yang lalu berada di urutan kedua, namun pada 2013 menjadi password terburuk yang digunakan dan mudah ditebak.

Kata "password" yang tahun lalu berada di peringkat satu kini turun satu tingkat menjadi peringkat dua. Password lain yang populer digunakan user antara lain, "qwerty," "abc123," "iloveyou," dan sebagainya. Sementara itu, password yang menggunakan kata "Adobe" dan "photoshop" juga ternyata termasuk di dalam daftar.

"Jika melihat password seperti "adobe123" dan "photoshoP dalam daftar ini, maka kami tidak menyarankan Anda untuk memakainya untuk mengakses situs web atau aplikasi," ujar CEO SplashData, Morgan Slain.

Berikut daftar 25 password yang paling mudah dibobol sepanjang 2013 yang dilansir SplashData:

SplashData Daftar password paling mudah dibobol 2013

*No. 12 seharusnya kata "admin," bukan "sunshine"

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Recode



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.