Apple Siapkan Aplikasi Kesehatan di iOS 8?

Kompas.com - 11/02/2014, 09:25 WIB
Aplikasi Nike Move di iPhone 5S TechRadarAplikasi Nike Move di iPhone 5S
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Aplikasi Nike Move di iPhone 5S

KOMPAS.com - Apple rupanya sangat tertarik dengan fungsi health monitoring di gadget mobile. Sejumlah eksekutif perusahaan berlambang buah apel ini, misalnya, dikabarkan menemui badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) bulan lalu.

Tujuan dari pertemuan itu, menurut sebuah laporan New York Times, disinyalir tak lain untuk mendiskusikan "aplikasi medis untuk perangkat mobile."

Kabar ini muncul hanya beberapa minggu setelah beredar informasi bahwa Google juga telah menemui FDA untuk membicarakan fungsi health monitoring di perangkat berupa lensa kontak.

Tak seperti pertemuan Google, hasil diskusi Apple dengan FDA tidak dibeberkan, namun sebuah laporan terpisah mengklaim bahwa Apple sedang mengembangkan aplikasi kesehatan bernama "Healthbook".

Healthbook diduga merupakan aplikasi pre-installed yang akan disertakan dengan update iOS 8. Fungsinya adalah untuk memonitor serangkaian parameter dari pengguna yang berkaitan dengan kesehatan, seperti detak jantung dan tekanan darah. Boleh jadi, Healthbook juga akan ditanamkan dalam wearable device Apple yang ramai disebut sebagai iWatch.

Apple sendiri diketahui telah merekrut sejumlah ahli dari bidang medis, fitness, dan wearable device. Produsen gadget ini telah menunjukkan minat besarnya pada health monitoring dengan menyertakan chip khusus bernama M7 pada iPhone 5S.

Chip M7 ini bertugas untuk mengumpulkan data dari berbagai macam sensor di iPhone untuk digunakan pada aplikasi kesehatan macam Nike Move.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.