Canon Resmikan PowerShot G1 X Mark II

Kompas.com - 12/02/2014, 16:13 WIB
Canon PowerShot G1X Mark II CanonCanon PowerShot G1X Mark II
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
YOKOHAMA, KOMPAS.com - Sempat dikabarkan bakal muncul, ternyata kamera Canon PowerShot G1X Mark II benar-benar diumumkan pada 12 Februari 2014. Pengumuman tersebut muncul sehari sebelum pameran fotografi CP+ 2014 di Yokohama, Jepang.

Kamera tersebut juga dihadirkan di kantor Canon Inc. di Tokyo, Jepang. G1X Mark II adalah penerus kamera generasi sebelumnya yang bernama sama, hanya saja tanpa embel-embel Mark II.

G1X Mark II merupakan kamera saku dengan sensor berukuran besar, yaitu 1,5 inci atau hampir setara APS-C. Angka tersebut jauh lebih besar dibandingkan kamera saku pada umumnya yang berada pada kisaran 1/1,7 inci.

Sebagai penerus, G1X Mark II mengusung sejumlah peningkatan. Menurut seorang eksekutif Canon yang ditemui langsung wartawan KompasTekno, Oik Yusuf, di Yokohama, salah satu perubahan terpenting diterapkan pada lensa yang kini memiliki jangkauan 24-120mm (setara 35mm) dengan bukaan f/2.0-3.9. "Menghasilkan lensa yang ringkas dan  berkualitas dengan bukaan selebar itu bukan pekerjaan yang mudah," katanya.

Sebelumnya, PowerShot G1X generasi pertama memiliki lensa setara 28-112mm dengan bukaan f/2.8-5.6.

Perubahan lain datang dalam bentuk resolusi sensor yang dipangkas dari 14 megapixel menjadi 12 megapixel. Meski demikian, kualitas tangkapan gambarnya lebih baik. Chip image processor yang dipakai adalah Digic 6.

PowerShot G1X Mark II juga menghilangkan "optical viewfinder" yang sebelumnya umum ditemukan pada kamera Canon seri PowerShot G. Sebagai gantinya, Canon menyediakan aksesoris jendela bidik elektronik yang bisa dibeli terpisah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fitur lain yang juga dimiliki G1X II dan wajib hadir pada kamera digital masa kini adalah konektivitas WiFi dan NFC. G1X Mark II rencananya akan hadir mulai bulan April mendatang dengan harga 800 dollar AS.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.