Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Canon Resmikan PowerShot G1 X Mark II

Kompas.com - 12/02/2014, 16:13 WIB
Oik Yusuf

Penulis

YOKOHAMA, KOMPAS.com - Sempat dikabarkan bakal muncul, ternyata kamera Canon PowerShot G1X Mark II benar-benar diumumkan pada 12 Februari 2014. Pengumuman tersebut muncul sehari sebelum pameran fotografi CP+ 2014 di Yokohama, Jepang.

Kamera tersebut juga dihadirkan di kantor Canon Inc. di Tokyo, Jepang. G1X Mark II adalah penerus kamera generasi sebelumnya yang bernama sama, hanya saja tanpa embel-embel Mark II.

G1X Mark II merupakan kamera saku dengan sensor berukuran besar, yaitu 1,5 inci atau hampir setara APS-C. Angka tersebut jauh lebih besar dibandingkan kamera saku pada umumnya yang berada pada kisaran 1/1,7 inci.

Sebagai penerus, G1X Mark II mengusung sejumlah peningkatan. Menurut seorang eksekutif Canon yang ditemui langsung wartawan KompasTekno, Oik Yusuf, di Yokohama, salah satu perubahan terpenting diterapkan pada lensa yang kini memiliki jangkauan 24-120mm (setara 35mm) dengan bukaan f/2.0-3.9. "Menghasilkan lensa yang ringkas dan  berkualitas dengan bukaan selebar itu bukan pekerjaan yang mudah," katanya.

Sebelumnya, PowerShot G1X generasi pertama memiliki lensa setara 28-112mm dengan bukaan f/2.8-5.6.

Perubahan lain datang dalam bentuk resolusi sensor yang dipangkas dari 14 megapixel menjadi 12 megapixel. Meski demikian, kualitas tangkapan gambarnya lebih baik. Chip image processor yang dipakai adalah Digic 6.

PowerShot G1X Mark II juga menghilangkan "optical viewfinder" yang sebelumnya umum ditemukan pada kamera Canon seri PowerShot G. Sebagai gantinya, Canon menyediakan aksesoris jendela bidik elektronik yang bisa dibeli terpisah.

Fitur lain yang juga dimiliki G1X II dan wajib hadir pada kamera digital masa kini adalah konektivitas WiFi dan NFC. G1X Mark II rencananya akan hadir mulai bulan April mendatang dengan harga 800 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com