Android Makin Sengit, Kamera Bakal Jadi Penentu

Kompas.com - 13/02/2014, 09:58 WIB
Kamera iPhone 5S AppleKamera iPhone 5S
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com- Persaingan pasar smartphone Android di tahun 2014 akan semakin kompetitif. Beberapa vendor dipaksa harus mengubah strategi mereka untuk bertahan, seperti HTC yang untuk menghindari kerugian, akan membuat smartphone murah.

Atau strategi Motorola yang meluncurkan smartphone Android dengan harga terjangkau yang menyasar konsumen di pasar negara-negara yang sedang berkembang.

Sementara Samsung, konsisten dengan meluncurkan beragam smartphone Android dengan spesifikasi yang bervariasi, dari kelas low-end hingga high-end.

Smartphone murah dengan spesifikasi tinggi memang diprediksi para pengamat akan menjadi tren di tahun ini. Namun, ada satu fitur yang dipercaya bisa menjadi faktor penentu sukses atau tidaknya sebuah smartphone Android di tahun 2014, fitur tersebut adalah kamera.

Kamera diyakini oleh pengamat smartphone Android, Nick Summers, menjadi faktor pembeda dan penentu, apakah konsumen mau membelinya atau tidak. Jika tidak bisa mendatangkan untung, setidaknya smartphone dengan kamera yang bagus bisa menjaga torehan pangsa pasar.

Berbagai cara ditempuh

Menurut Summers, seperti ditulis dalamThe Next Web, Senin(10/2/2014), walaupun Google telah berupaya membenahi Android, serta vendor smartphone yang meningkatkan kemampuan hardware dan software-nya, namun belum ada smartphone Android yang memiliki kamera yang terbilang mumpuni.

Di tahun 2013 lalu, banyak pabrikan pembuat smartphone Android yang mengakalinya dengan berbagai cara. Seperti HTC One yang memperkenalkan teknologi HTC UltraPixel, Sony Xperia Z1 yang mengusung sensor 20,7 megapixel, serta Oppo N1 yang memperkenalkan fitur kamera putar.

Namun dengan inovasi-inovasi tersebut, belum ada pabrikan smartphone yang bisa mengatasi kelemahan kamera di Android. Dibandingkan dengan kamera iPhone, Android kalah dalam kemampuan menangani gambar di berbagai kondisi pencahayaan.

Karena itu, menurut Summers, sulit untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan, "Smartphone Android mana yang kameranya paling bagus?"

Kamera canggih saja tak cukup

Di ajang Mobile World Congress yang akan digelar di Barcelona, Spanyol, vendor-vendor smartphone akan memajang pertaruhan smartphone mereka untuk beradu sepanjang satu tahun ke depan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.