Korea Selatan Ingin Buat Senjata "Cyber"

Kompas.com - 23/02/2014, 15:36 WIB
Ilustrasi pengguna internet. ShutterstockIlustrasi pengguna internet.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorAditya Panji
KOMPAS.com — Sejak terpisah menjadi dua negara berbeda pada dekade 1950-an, Korea Selatan dan Korea Utara terus bersitegang hingga kini. Hubungan kedua negera ini pun makin memanas sejak Korea Utara mengumumkan sukses uji coba nuklir pada 2006 lalu.

Baru-baru ini, sebagai kelanjutan dari reaksi terhadap kemampuan nuklir Korea Utara, Korea Selatan mengumumkan bakal membuat "senjata cyber." Senjata itu adalah program virus mirip dengan Stuxnet yang pernah dipakai Amerika Serikat untuk menyerang reaktor nuklir milik Iran.

Melalui kantor berita Yonhap, pihak Korea Selatan menyatakan bahwa senjata cyber tersebut bisa menyebabkan kerusakan fisik pada reaktor nuklir dan fasilitas rudal milik Korea Utara.

Pemanfaatan senjata cyber ini dimulai dengan beberapa tahap. Tahap pertama berupa program propaganda online yang menyasar jejaring dan media sosial milik Korea Utara. "Begitu tahap kedua dijalankan, pusat komando cyber akan meluncurkan serangkaian misi perang cyber," ujar seorang pejabat senior Korea Selatan.

Pakar kemanan komputer Profesor Alan Woodward mengatakan kepada BBC bahwa penggunaan senjata cyber seperti ini sangat berbahaya. "Bisa merusak segala macam hal lain yang bukan termasuk dalam sasaran," jelas Woodward.

Pada kasus Stuxnet, misalnya, lanjut Woodward, program itu sulit dikontrol begitu sudah dilepaskan.

Woodward juga mengingatkan bahwa senjata cyber seperti Stuxnet tak mengenal batas negara. Artinya, ia bisa saja berubah menjadi senjata makan tuan atau menyebar ke negara-negara lain yang tak punya urusan dengan konflik Korea Utara-Korea Selatan.



Sumber BBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X