Duo Snapdragon 64-bit Telah Diperkenalkan

Kompas.com - 02/03/2014, 10:20 WIB
Prosesor seri Snapdragon buatan Qualcomm Aditya Panji/KompasTeknoProsesor seri Snapdragon buatan Qualcomm
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Prosesor seri Snapdragon buatan Qualcomm

KOMPAS.com - Ajang Mobile World Congress (MWC), yang telah digelar pada akhir Februari 2014 di Barcelona, Spanyol, turut dimanfaatkan Qualcomm untuk memperkenalkan dua mode chip baru, Snapdragon 610 dan 615 yang ditujukan untuk gadget high-end.

Keduanya merupakan prosesor dengan dukungan arsitektur 64-bit ARMv8. Snapdragon 610 dibekali dengan empat buah inti (quad-core), sementara saudaranya, Snapdragon 615, memiliki inti berjumlah dua kali lebih banyak, yaitu 8 buah (octa-core).

Fitur lain yang turut dibenamkan Qualcomm pada dua prosesor System-on-Chip ini termasuk pengolah grafis Adreno 405, model LTE Kategori 6, WiFi, Bluetooth, serta serangkaian dukungan konektivitas dan sensor lainnya.

Sebelumnya, pada Desember tahun lalu, pabrikan chip ini telah lebih dulu memperkenalkan prosesor 64-bit Snapdragon 410 yang ditujukan bagi smartphone mainstream di negara-negara berkembang.

"(Para produsen handset) kini memiliki portfolio produk lengkap yang bisa mendukung konektsi LTE dari entry level ke tingkatan Snapdragon 600," ujar wakil presiden bisnis mobile dan komputasi Qualcomm Cristiano Amon, sebagaimana dikutip oleh Cnet.

Qualcomm menyusul langkah Apple yang pertama kali menghadirkan prosesor mobile 64-bit dalam bentuk chip A7 ARMv8 pada ponsel pintar iPhone 5S. Setelah itu, produsen chip asal Taiwan, MediaTek, telah pula memperkenalkan chip 64-bit octa core.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.