Tablet Google Nexus Berikutnya Pakai Prosesor Intel?

Kompas.com - 16/03/2014, 16:27 WIB
Foto tablet yang dinsinyalir merupakan Nexus 8 dari Google GoogleFoto tablet yang dinsinyalir merupakan Nexus 8 dari Google
Penulis Oik Yusuf
|
EditorAditya Panji
Foto tablet yang dinsinyalir merupakan Nexus 8 dari Google

KOMPAS.com - Komputer tablet Nexus 8 dari Google disinyalir bakal meluncur pada pertengahan 2014 ini, sekitar bulan Juli. Prosesor apa yang bakal memperkuat tablet 8 inci itu nantinya?

Menurut sebuah kabar yang dilansir oleh PhoneArena, boleh jadi Nexus 8 akan mengusung prosesor dari Intel, tepatnya chip quad-core 64-bit Atom "Moorefield" yang diumumkan pada ajang Mobile World Congress 2014 beberapa waktu lalu.

Intel pada saat itu mengumukan bahwa Moorefield yang memiliki kecepatan 2,3 GHz bakal tersedia pada paruh kedua 2014.

Prosesor ini mengusung pengolah grafis PowerVR G6430 yang disebut-sebut memiliki kinerja 5 kali lebih tinggi dibandingkan GPU "seri 5" dari produsen yang sama.

Intel sendiri juga telah mengumumkan kerjasama dengan sejumlah mitra produsen seperti Lenovo, Asus, Dell, dan Foxconn untuk memperluas ketersediaan tablet dan smartphone berbasis Intel Atom.

Antara Asus dan Lenovo, diperkirakan bakal bermitra dengan Google untuk menelurkan perangkat tablet Nexus generasi berikutnya. Asus merupakan produsen yang dipercaya Google memproduksi tablet Nexus ukuran 7 inci generasi pertama (2012) dan generasi kedua (2013).

Rumor tentang Nexus 8 pertama kali mengemuka pada November tahun 2013, ketika gambar perangkat yang diduga merupakan tablet Google ini muncul di laman promosi Android 4.4 Kitkat.

Sementara itu, sistem operasi mobile generasi berikutnya dari Google, Android 4.5, diperkirakan bakal turut diperkenalkan bersama Nexus 8.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.