Kompas.com - 19/03/2014, 08:03 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Kabar yang mengatakan bahwa Apple akan memangkas harga iPhone 5C ternyata benar adanya. Perusahaan itu secara resmi mulai menjual iPhone 5C dengan harga yang sedikit lebih murah, tetapi ada komponen penting yang dikorbankan.

iPhone 5C itu bisa ditekan harganya lantaran Apple hanya menyematkan memori internal 8GB. Kapasitas ini terbilang kecil mengingat ukuran file aplikasi untuk iPhone yang semakin besar.

Sementara ini, Apple hanya menawarkan iPhone 5C 8GB di Inggris, Perancis, Jerman, Australia, dan China. Perusahaan belum menawarkannya di negara lain, termasuk Amerika Serikat.

Di situs Apple Store Inggris, harga yang ditawarkan adalah 429 poundsterling (sekitar Rp 8 juta), dibandingkan dengan versi 16GB seharga 469 poundsterling (atau sekitar Rp 8,8 juta).

Selain memori internal, iPhone 5C 8GB ini tidak mengalami perubahan dari sisi spesifikasi dan desain. iPhone 5C masih menggunakan material plastik dengan beragam pilihan warna.

Apple sebenarnya menargetkan iPhone 5C untuk segmen pasar menengah di negara berkembang. Namun, harga ponsel itu masih terbilang mahal di sejumlah negara sehingga kurang laris di pasaran.

Di Indonesia, iPhone 5C dihargai Rp 8,7 juta, lebih mahal dibandingkan ponsel Android Samsung Galaxy S4 yang dibanderol Rp 7,5 juta. Para distributor mematok harga tinggi untuk iPhone 5C karena saat ponsel itu masuk Indonesia nilai rupiah sedang lemah, berada di kisaran Rp 12.000 untuk 1 dollar AS.

Selain iPhone 5C 8GB, Apple juga menurunkan harga iPad generasi keempat yang akan mengincar segmen pasar menengah. Produk tersebut akan menggantikan posisi iPad 2 yang bakal dihentikan produksinya.

Ada dua model iPad 4 yang akan dipasarkan Apple. Pertama, iPad 4 dengan kapasitas memori internal 16GB dan hanya menyediakan koneksi Wi-Fi yang dibanderol 399 dollar AS. Kedua, iPad 4 dengan kapasitas 16GB dengan koneksi Wi-Fi dan seluler dengan harga 529 dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.