Kompas.com - 04/04/2014, 12:48 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Office for iPad, aplikasi produktivitas Microsoft di platform iOS, telah diluncurkan selama satu minggu. Dalam waktu yang relatif singkat itu Microsoft mengklaim aplikasinya telah diunduh sebanyak 12 juta kali.

Klaim tersebut disampaikan Microsoft melalui akun Twitter resmi Office (@Office). Jumlah download tersebut meliputi seluruh aplikasi Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote. Sayangnya, Microsoft tidak merinci satu per satu jumlah download masing-masing aplikasi.

Dikutip dari 9to5 Mac (3/4/2014), antusias pengguna iOS terhadap Office memang diprediksi akan tinggi. Sebab, setelah dua hari diluncurkan, aplikasi Office seperti Word, Excel, dan PowerPoint sudah bertengger di deretan atas daftar aplikasi gratis di App Store.

Walau bisa diunduh gratis, namun Microsoft membatasi fungsi aplikasi tersebut hanya sebatas untuk membuka dan membaca file dokumen saja. Jika ingin fungsi lebih, seperti membuat dan mengedit, maka pengguna harus berlangganan layanan ini.

Microsoft mematok harga berlangganan 99 dollar per tahun bagi pengguna yang ingin mengakses lebih banyak fitur-fitur Office di iPad. Menurut situs Recode, dari biaya berlangganan tersebut, Apple mendapat bagian keuntungan sebesar 30 persen.

Upaya lain yang dilakukan Microsoft saat peluncuran Office for iPad adalah dengan menawarkan layanan Office 365 gratis selama satu tahun bagi 50 orang pertama yang membeli aplikasi produktivitas tersebut.

Walau performa aplikasi Office untuk iPad mendapat ulasan yang positif, namun Microsoft mendapat kritik tentang model penjualannya. Salah satunya adalah dari situs Tech Crunch yang menyayangkan mengapa Microsoft menerapkan sistem berlangganan per tahun, alih-alih beli putus (sekali bayar), mengingat aplikasi Apple iWorks bisa didapatkan secara gratis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber 9to5mac
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.