Ini Dia Nama Resmi BlackBerry Q20

Kompas.com - 12/04/2014, 19:53 WIB
BlackBerry Q10 Oik Yusuf/KompasTeknoBlackBerry Q10
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Kalah bersaing di ranah konsumen, BlackBerry kini mengalihkan fokus ke bisnis enterprise. Produk-produk dengan keyboard QWERTY pun menjadi andalan, termasuk di papan atas.

Di segmen tersebut, BlackBerry sedang menyiapkan andalan baru berupa ponsel BlackBerry Q20 yang nama resminya kini telah diumumkan oleh CEO John Chen, yaitu "BlackBerry Classic".

Hal itu disampaikan oleh Chen dalam sebuah wawancara yang dikutip oleh PC Magazine. Dia menyebutkan bahwa nantinya para "loyalis" BlackBerry Bold bakal banyak menjumpai produk sejenis.

"Kami akan berkonsentrasi membuat ponsel high-end untuk pelanggan enterprise," kata Chen. "Mayoritas ponsel kami akan memiliki keyboard, tapi layar sentuh akan tetap ada."

BlackBerry Classic melambangkan usaha BlackBerry untuk mendorong segmen korporat dan pemerintahan. Harapannya adalah para pengguna yang terbiasa dengan keyboard BlackBerry akan tetap memakai perangkat berikutnya dari perusahaan itu.

Chen sendiri mengaku lebih suka dengan perangkat yang dilengkapi keyboard QWERTY, ketimbang touchscreen. Dia mengungkapkan contoh kekesalannya soal kesalahan ketik di ponsel layar sentuh.

Sebelumnya, pada akhir Maret, BlackBerry telah meluncurkan kembali produk Bold 9900. Selain keyboard QWERTY, perangkat ini dipandang Chen memiliki sesuatu yang "dirindukan" pengguna BlackBerry, yaitu sabuk navigasi (berisi trackpad dan tombol-tombol fungsi) yang absen pada BlackBerry 10.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.