Kompas.com - 13/04/2014, 15:05 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Setelah melewati proses yang panjang, jam tangan pintar Apple, iWatch dikabarkan akan segera dirilis di kuartal tiga 2014 ini. Apple menggandeng sejumlah vendor Taiwan untuk mendukung pasokan suku cadangnya.

Kabar bakal dirilisnya iWatch tersebut pertama kali diberitakan oleh harian berbahasa Tiongkok, Economic Daily News (8/4/2014). Dalam situsnya, EDN menyebut Apple menargetkan produksi 65 juta unit iWatch untuk dikapalkan pada akhir tahun 2014 ini.

Apple menggandeng pabrikan Taiwan, Quanta Computer, produsen chip Richtek juga masuk dalam barisan supply chain Apple. Panel layar sentuh iWatch disuplai oleh TPK, sedangkan prosesor iWatch dipercayakan Apple kepada Samsung.

Agar memenuhi tenggat yang ditargetkan, Apple meminta agar pabrikan-pabrikan rekanannya tersebut sudah mulai menjalankan produksinya pada Agustus 2014.

Belum pasti fitur-fitur apa saja yang diperkenalkan Apple pada wearable gadget pertamanya ini. Namun menurut Mac Rumors (8/4/2014), perangkat tersebut akan memiliki sensor biometrik untuk melacak statistik kesehatan penggunanya.

Statistik kesehatan yang rumornya dimiliki iWatch antara lain aktivitas tidur, paparan sinar UV, dan denyut jantung. Aplikasi pendamping Healthbook juga dikabarkan akan tersedia dalam perangkat iOS 8 yang bakal diusung iWatch dan iPhone untuk memonitor dan mencatat statistik kesehatan lainnya.

Jika benar iWatch akan dirilis pada kuartal tiga (Juli - September) 2014, maka besar kemungkinannya Apple akan menunjukkan wujud iWatch di ajang tahunan yang digelar perusahaan, Apple Worldwide Developer Conference (WWDC 2014).

Tahun ini, WWDC akan diselenggarakan pada 2 Juni di San Francisco, Amerika Serikat. CEO Apple, Tim Cook akan memberikan pidatonya. Salah satu yang dinantikan selain iWatch adalah sistem operasi iOS 8, OS X 10.10, Apple TV, dan MacBook Air.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Mac Rumors
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.