Kompas.com - 14/04/2014, 11:33 WIB
Sebuah thermal camera digunakan untuk mendeteksi panas yang dihasilkan oleh Galaxy S5 SamsungSebuah thermal camera digunakan untuk mendeteksi panas yang dihasilkan oleh Galaxy S5
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Sebuah thermal camera digunakan untuk mendeteksi panas yang dihasilkan oleh Galaxy S5

KOMPAS.com -- Galaxy S5 mulai dirilis oleh Samsung pada 12 April 2014. Sebelum memasuki pasaran, smartphone ini terlebih dahulu melalui serangkaian proses uji internal untuk memastikan kualitasnya.

Sebagai contoh, Galaxy S5 harus bisa selamat dari aneka macam kemalangan kecil yang terjadi dalam hidup sehari-hari, misalnya terjatuh atau terkena listrik statis.

Dengan menjatuhkan Galaxy S5 berulang-ulang dan mengamatinya lewat kamera berkecepatan tinggi, Samsung bisa mengamati area mana dari ponsel tersebut yang paling rentan tumbukan dan memperkuatnya.

Nah, seperti apa proses pengujian Galaxy S5 tersebut? Berikut ini penjelasan singkat sebagian di antaranya, sebagaimana dirangkum dari Phone Arena.

1. Pemancar radio

Samsung
Ruangan tempat Samsung menguji pemancar radio ponsel

Samsung memakai sebuah ruangan khusus untuk menguji pemancar radio pada Galaxy S5. Ruangan dilapisi dengan foam berbentuk runcing yang menyerap gelombang radio untuk menyimulasikan area outdoor yang tak terhalang tembok.

2. Tingkat radiasi

Samsung
Galaxy S5 diukur tingkat radiasinya untuk memenuhi batasan yang ditentukan masing-masing wilayah pasar

Alat ini dipakai untuk mengukur tingkat radiasi yang dipancarkan Galaxy S5. Setiap negara memiliki aturan sendiri soal tingkat radiasi yang diperbolehkan. Jika sebuah perangkat tak memenuhi batasan itu, maka Galaxy S5 tak bisa dijual di negara bersangkutan.

3. Ketahanan tombol

Samsung
Tombol fisik dan softbutton Galaxy S5 diuji daya tahannya dengan mesin yang menekan tombol-tombol tersebut berulang kali

Tombol fisik dan layar sentuh adalah dua alat interaksi yang paling sering dipakai pengguna. Karena itu, daya tahannya perlu diuji. Samsung menggunakan alat khusus untuk menekan tombol berulang kali guna memastikan ketangguhannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.