Kompas.com - 22/04/2014, 17:26 WIB
Program anti-virus palsu Virus Shield sempat bercokol di urutan teratas tangga aplikasi berbayar Google Play Store Android PoliceProgram anti-virus palsu Virus Shield sempat bercokol di urutan teratas tangga aplikasi berbayar Google Play Store
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Program anti-virus palsu Virus Shield sempat bercokol di urutan teratas tangga aplikasi berbayar Google Play Store

KOMPAS.com - Awal April, sebuah aplikasi antivirus mobile bernama "Virus Shield" membuat heboh pengguna toko aplikasi Android Google Play Store. Aplikasi yang dijual 3,99 dollar AS tersebut ternyata palsu alias tidak berfungsi sesuai dengan klaim melindungi perangkat pengguna dari program jahat.

Sebanyak 30.000 orang kadung berhasil ditipu sehingga pembuat Virus Shield berhasil meraup sejumlah besar uang. Bukan hanya itu, Virus Shield pun sempat bercokol di tangga aplikasi terpopuler Play Store sebelum dicopot.

Sadar telah kecolongan, Google selaku pengelola toko aplikasi Play Store dilaporkan berusaha memperbaiki keadaan dengan mengembalikan uang pengguna yang terlanjur dibawa kabur.

"Kebijakan Google Play tidak membolehkan klaim palsu (dari aplikasi) seperti ini, maka kami akan mengembalikan uang yang Anda pakai membeli "Virus Shield". Uang akan ditransfer ke akun Anda dalam 14 hari ke depan," tulis Google dalam e-mail yang dikirimkan ke para pembeli Virus Shield, sebagaimana dikutip Android Police, Selasa (22/4/2014).

Bukan hanya itu, para korban penipuan Virus Shield pun akan mendapat voucher Play Store senilai 5 dollar AS.

Aplikasi Virus Shield sendiri berusaha menarik pengguna untuk ditipu membeli dengan menampilkan klaim-klaim palsu seperti "bisa melindungi secara real time", "hemat baterai", dan lain sebagainya.

Ketika dipasang, ternyata aplikasi ini tidak melakukan apa-apa selain menampilkan logo "X" yang diubah menjadi tanda centang ketika pengguna menjalankan fungsi "scan". Proses scanning malware sendiri tidak pernah dilakukan oleh Virus Shield sehingga memberi rasa keamanan yang semu pada pengguna.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.