Kompas.com - 16/05/2014, 11:06 WIB
Samsung dan Apple Samsung dan AppleSamsung dan Apple
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Hanya karena berasal dari negeri sendiri, ternyata tak membuat seri smartphone Galaxy besutan Samsung otomatis lebih disukai publik Korea Selatan ketimbang produk asing.

Hal tersebut diungkapkan oleh survei kepuasan konsumen yang dilakukan oleh firma riset Korea Selatan, Marketing Insight, yang dilansir oleh Ubergizmo.

Marketing Insight meneliti tingkat kepuasan konsumen terhadap perangkat-perangkat andalan pabrikan Korsel, diantaranya Samsung Galaxy S5, dan LG G Pro2. Ada pula produk dengan brand asing seperti Google Nexus 5 dan Apple iPhone 5S.

Apple Insider
Tablet hasil survei Marketing Insight tentang tingkat kepuasan konsumen Korea Selatan terhadap brand smartphone

Sejumlah faktor dijadikan tolok ukur, mencakup desain, layar, kecepatan, serta desain user interface. Ternyata, dari semua model smartphone dalam survei, yang menduduki posisi teratas justru produk-produk iPhone dengan nilai total sebesar 798 poin dari skala 1.000.

Urutan kedua ditempati oleh LG dengan nilai 609, sementara Samsung menyusul di posisi ketiga dengan skor 600.

Apple Insider
Tabel hasil survei Marketing Insight mengenai tingkat kepuasan konsumen Korea Selatan terhadap model-model smartphone

Ketika dipecah menjadi lebih spesifik per model smartphone, terlihat bahwa tingkat kepuasan konsumen Korea Selatan terhadap iPhone 5S dan iPhone 5 masih lebih tinggi dibandingkan model-model flagship besutan produsen Korea seperti LG  Pro 2 dan Galaxy S5.

Survei turut mencatat bahwa 90 persen pengguna iPhone merasa "puas" atau "sangat puas" terhadap perangkat miliknya, sementara hanya 50 persen pengguna perangkat produk domestik Korea Selatan yang mengaku merasakan hal serupa.

Survei Marketing Insight melibatkan 9.397 responden yang membeli smartphone dalam periode 6 bulan dari Oktober 2013 hingga April 2014.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Ubergizmo
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.