Kompas.com - 22/05/2014, 09:22 WIB
Ilustrasi IntelIlustrasi
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi

KOMPAS.com - Popularitas perangkat mobile seakan membuat komputer tradisional kehilangan pesona selama beberapa tahun belakangan. Hal ini akan coba diubah oleh Intel, raksasa chip yang produknya dipakai oleh kebanyakan pabrikan komputer desktop.

"Ada sejumlah produk baru tahun ini yang akan mengembalikan gairah ke desktop," ujar Direktur Pemasaran Intel untuk Wilayah Asia Pasifik dan Jepang, Anuj Dua, dalam wawancara dengan sejumlah media di Jakarta, Rabu (21/5/2014).

Dua tak merinci apa persisnya produk baru yang dimaksud, tapi ia menyebutkan contoh sejumlah form factor desktop yang bebeda dari tipe tower komputer tradisional.

"Bayangkan komputer tipe All-in-One, konsumen nanti bisa memandangnya sebagai PC desktop ketika dibutuhkan dan TV ketika diinginkan, bayangkan ketika teknologi itu menghampiri rumah-rumah yang memang melihat konvergensi dua alat itu," kata Dua.

Dia juga menyebutkan komputer dengan form factor mungil yang disebut Intel sebagai Next Unit Computing atau NUC. Kelas perangkat ini disebut Dua menawarkan kinerja lebih tinggi dibandingkan komputer konvensional namun dalam kemasan yang jauh lebih ringkas.

Dua mengakui bahwa belakangan ini memang tak banyak teknologi anyar yang muncul di segmen desktop. Namun, keadaan itu disebutnya bakal segera berubah. "Ada banyak inovasi baru yang sedang dikembangkan di desktop," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.