Kompas.com - 22/05/2014, 10:53 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Laman eBay, dengan gambar diambil pada Kamis (22/5/2014).

KOMPAS.com - Kejadian tak menyenangkan menimpa situs lelang eBay. Basis data yang menyimpan password pengguna situs e-commerce itu diretas oleh hacker.

Pihak eBay mengatakan bahwa tak ada informasi finansial yang diakses, namun pengguna tetap dihimbau agar mengganti password.

Sebagaimana dilaporkan oleh Cnet, kejadian pembobolan itu sendiri sebenarnya berlangsung beberapa bulan lalu, yakni antara akhir Februari dan awal, namun baru disadari dua minggu belakangan.

Setelah melakukan pengujian ekstensif di jaringan, pihak e-Bay tidak menemukan adanya aktivitas mencurigakan sebagai akibat dari tindak peretasan ini.

"Tak ada yang mengakses informasi finansial atau kartu kredit yang disimpan terpisah dalam format terenkripsi tanpa izin," tulis eBay dalam sebuah pengumuman di dalam blog.

"Meski demikian, pengguna disarankan untuk mengganti password untuk membantu meningkatkan keamanan," lanjut pengumuman itu.

Para peretas disinyalir melakukan serangan ke jaringan korporat eBay dengan mencuri akses login milik karyawan perusahaan tersebut.
 
Basis data eBay yang diretas menyimpan data, seperti nama, password, alamat e-mail, alamat rumah, nomor telepon, dan tanggal lahir pengguna.

Mulai hari Rabu (21/5/2014), eBay akan mengingatkan pengguna agar mengganti password lewat notifikasi e-mail, update situss, dan kanal-kanal pemasaran lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.