Membandingkan LG G3 dengan Galaxy S5

Kompas.com - 28/05/2014, 13:36 WIB
|
EditorWicak Hidayat


KOMPAS.com -
Produsen smartphone Korea, LG baru saja meluncurkan smartphone premiumnya, seri G3. Sebagai smartphone papan atas, G3 akan bersaing di antaranya dengan sejawat Korea-nya, Samsung dengan seri Galaxy S5-nya. Bagaimana spesifikasi hardware keduanya?

Di lini prosesor, jantung dari pengoperasian smartphone, LG dan Samsung sama-sama menggunakan prosesor Snapdragon 801 dengan empat inti pemrosesan (quad core), buatan Qualcomm. Prosesor tersebut sama-sama memiliki kecepatan clock 2,5 GHz.

Sebelumnya LG dirumorkan akan mengusung seri prosesor Snapdragon 805, yang menurut Qualcomm seharusnya sudah beredar saat ini. Namun, pada akhirnya, LG memilih menggunakan prosesor yang sama, seri 801.

Beralih ke bagian layar, LG nampaknya mencoba mengungguli Galaxy S5 dari hal tampilan layar. Dengan G3, LG menawarkan layar ukuran 5,5 inci (0,4 inci lebih lebar dari Galaxy S5), dengan resolusi quad HD (2560 x 1440 pixel).

Sementara Samsung, walau sempat dikabarkan akan mendongkark resolusi layarnya, namun Galaxy S5 berakhir dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 saja dalam bingkai layar 5,1 inci.

Dari segi bobot dan bentuk, Galaxy S5 memang lebih ringan dibanding G3, 145 melawan 149 gram. Sementara karena mengusung ukuran layar lebih besar, otomatis dimensi G3 (146,3 x 74,6 x 8,4 mm) lebih lebar dibanding Galaxy S5 (142 x 72,5 x 8,1 mm).

Dalam hal penyimpanan, baik Samsung galaxy S5 maupun LG G3 sama-sama menawarkan penyimpanan internal 16 GB atau 32 GB. Kapasitas penyimpanan keduanya bisa diekspansi dengan kartu microSD.

Untuk pilihan memori RAM sendiri LG menawarkan lebih banyak pilihan dalam G3, yaitu RAM 2 GB atau 3 GB. Sementara memori RAM milik Galaxy S5 hanya tersedia satu pilihan saja, 2 GB.

Kamera menjadi salah satu faktor penarik minat calon pembeli, bahkan kadang penentu. Untuk itu, LG menambahkan fitur stabilisasi gambar optik dalam kamera dengan sensor 13 megapixel-nya.

Sementara kamera 16 megapixel Samsung, walau mengemas resolusi lebih besar, namun tidak memiliki fitur stabilisasi gambar optik tadi.

LG juga mengklaim kameranya lebih cepat dalam mendapatkan fokus dibanding kamera lain, berkat teknologi laser yang diimplementasikan.

Dari segi ketersediaan secara global, Galaxy S5 start lebih dulu dengan diluncurkan pada bulan April 2014. Sementara peminat G3 harus bersabar menunggu 2 bulan lebih lama, atau sekitar Juni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.