Kompas.com - 04/06/2014, 09:05 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika ada yang bertanya tentang sistem terbaik untuk mengelola konten di internet, mungkin sebagian orang akan menjawab: WordPress. Platform open source itu dibuat sebelas tahun silam oleh Matt Mullenweg, seorang yang dalam hidupnya sangat menyukai musik jazz dan barbeque.

Sejak kecil Mullenweg telah digiring oleh kedua orang tuanya untuk menyukai musik, terutama alat musik favorit keluarga mereka: saksofon. Saat duduk di bangku sekolah menengah atas, ia masuk ke High School for the Performing and Visual Arts dan terus menekuni musik jazz dan saksofon.

Mullenweg mengaku telah menghabiskan banyak waktunya untuk musik jazz, dan jazz merupakan hal yang tidak pernah dilupakannya di setiap pagi. Selain berkecimpung di industri teknologi, ia juga seorang musisi.

"Sampai sekarang ini musisi favorit saya adalah Dexter Gordon. Dia pemain saksofon. Saya sangat-sangat menyukainya," ujarnya saat ditemui KompasTekno di Jakarta, Selasa (3/6/2014).

Kegemaran Matt pada musik jazz juga disalurkan pada WordPress. Setiap versi besar WordPress selalu diberi nama kode dari pemusik Jazz terkenal. Ini dimulai sejak WordPress 1.0 (Miles Davis) dan berlanjut hingga versi 3.9 (Jimmy Smith) yang diluncurkan April 2014. Nama musisi favoritnya, Dexter Gordon, ditempatkan pada WordPress versi 2.3.

Selain jazz, Mullenweg juga mengaku suka dengan genre musik rap dan hip-hop.

Chief Barbeque Taste Tester

Matt dilahirkan di sebuah keluarga yang tak asing dengan dunia komputer. Ayahnya adalah seorang teknisi komputer. Ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Mereka tinggal di Texas, sebuah negara bagian di Amerika Serikat yang khas dengan tradisi kuliner barbeque.

"Saya dari Texas, dan saya sangat suka barbeque," kata pria kelahiran 11 Januari 1984 ini.

Kesukaan pada barbeque juga dibawanya pada jabatan di Automattic, perusahaan yang mengembangkan platform WordPress. Mullenweg adalah pendiri sekaligus chief executive officer di Automattic, namun ia lebih suka menulis jabatannya sebagai Chief Barbeque Taste Tester (CBBQTT).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.