Remaja Ciptakan Sepatu Pengisi Baterai Gadget

Kompas.com - 10/06/2014, 11:21 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Umurnya masih muda, namun remaja 15 tahun bernama Angelo Casimiro ini sudah bisa membikin penemuan unik berupa sepatu pengisi baterai gadget.

Sepatu buatan Casimiro yang berasal dari Manila, Filipina itu diajukan untuk mengikuti kontes Google Science Fair 2014.

"Listrik dihasilkan di dalam sol oleh generator yang terbuat dari dua cakram piezo-electric," kata Casimiro menjelaskan penemuannya, sebagaimana dikutip oleh Gizmodo.

Energi listrik akan muncul ketika sepatu dipakai untuk berjalan oleh pemakainya. Arus listrik ini kemudian diteruskan untuk disimpan dalam sebuah power bank.

Dari situ, power bank bisa mengisi baterai gadget yang dibawa si pengguna sepatu.

Casimiro mengatakan bahwa, dengan dipakai main basket selama 2 jam, sepatu buatannya bisa mengisi baterai iPhone untuk bertahan 10 menit.

Waktu pengisian tersebut memang terbilang lambat. Sebuah baterai 400 mAh, lanjut Casimiro, baru bisa diisi penuh setelah pemakai sepatu melakukan jogging non-stop selama 8 jam.

Sepatu Casimiro sendiri sebenarnya bukan yang pertama mengusung konsep charger di alas kaki.

Sebuah perusahaan rintisan bernama SolePower pada 2013 lalu telah melakukan crowdfunding untuk pengembangan alat serupa.

Namun, tetap saja penemuan remaja berkacamata itu merupakan awal yang bagus untuk anak seusianya dan layak mendapat perhatian.

Casimiro mempublikasikan rangkaian video berisi penjelasan mengenai sepatu tersebut dan cara membuatnya di laman situs Instructables.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Gizmodo


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.