Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oukitel WP35 Dirilis, Ponsel Tangguh dengan Baterai 11.000 mAh

Kompas.com - 08/04/2024, 19:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

KOMPAS.com - Perusahaan pembuat produk elektronik tahan banting (rugged), Oukitel mengumumkan smartphone Android terbarunya, Oukitel WP35, pada Minggu (8/4/2024). Ini menjadi ponsel tangguh terbaru Oukitel setelah WP33 Pro yang dirilis Januari 2024 lalu.

Oukitel WP35 mengunggulkan baterai jumbonya yang berkapasitas 11.000 mAh, yang didukung teknologi pengisian cepat (fast charging) berdaya 18 Watt.

Sebagai perbandingan, smartphone Android umumnya memiliki baterai dengan kapasitas 5.000 mAh saja. Dengan kapasitas yang lebih besar, baterai akan lebih tahan lama saat digunakan.

Walaupun besar, kapasitas baterai Oukitel WP35 masih kalah dibandingkan WP33 Pro, karena WP33 Pro dibekali baterai 22.000 mAh. Oukitel mengeklaim WP33 Pro sebagai smartphone dengan baterai paling besar di dunia.

Kembali membahas Oukitel WP35, kapasitas baterai ini berpengaruh pada dimensi dan bobot smartphone.

Baca juga: HP dan Tablet Tangguh Samsung Galaxy XCover 7 dan Tab Active 5 Meluncur

Adapun ponsel ini memiliki ketebalan 15,3 mm dan bobot 360 gram. Dengan begitu, Oukitel WP35 lebih besar dan tebal dibandingkan kebanyakan smartphone Android, yang memiliki ketebalan 7-9 mm serta bobot sekitar 200 gram.

Smartphone tangguh ini sudah mengantongi sertifikat anti air dan debu dengan rating IP68 dan sertifikasi tahan tekanan air IP69. Oukitel WP35 sudah memenuhi standar militer MIL-STD-810, sehingga tahan dalam lingkungan ekstrem.

Dengan berbagai sertifikat ini, Oukitel WP35 menargetkan audiens profesional bisnis, pengguna yang hobi beraktivitas di luar ruangan, dan penggemar smartphone tangguh.

Spesifikasi Oukitel WP35 berikutnya, ponsel ini ditenagai oleh System-on-Chip (SoC) Dimensity 6100 Plus bikinan MediaTek. Chipset kemudian dipadukan dengan RAM 8 GB dan media penyimpanan (storage) 256 GB.

Storage bisa diperluas hingga 2 TB dengan menggunakan kartu microSD. Dengan begitu, pengguna bisa menyimpan lebih banyak foto, video, aplikasi, dan file lainnya dalam ponsel.

Untuk sektor software, Oukitel WP35 menjalankan sistem operasi (OS) Android 14.

Untuk desain, Oukitel WP35 tampil dengan layar 6,6 inci beresolusi Full HD Plus. Layar ini dihias dengan sebuah modul menyerupai tetesan air (waterdrop) yang memuat kamera selfie 32 MP.

Berpindah ke punggung, terdapat sebuah modul lingkaran besar yang memuat kamera utama 64 MP, kamera Night Vision 8 MP, dan kamera makro 2 MP. Di bawah punggung, terdapat logo Oukitel berwarna hitam.

Bagian kanan bodi ponsel ini dilengkapi dengan tombol daya dan volume. Sementara itu, bagian kiri dibekali tombol merah yang kemungkinan bisa dikustomisasi penggunaannya.

Baca juga: Samsung Umumkan Galaxy S23 Versi Tangguh, Apa Keunggulannya?

Harga Oukitel WP35

Oukitel WP35 akan dipasarkan mulai pertengahan Mei 2024 mendatang. Ponsel ini dijual secara global di e-commerce asal China, AliExpress.

Berikut ini harga Oukitel WP35 sebagaimana dikutip KompasTekno dari GSMArena, Senin (8/4/2024):

  • Oukitel WP35 (8 GB/256 GB) - 200 dollar AS (sekitar Rp 3,1 juta)

Perlu dicatat bahwa harga di atas merupakan harga promosi peluncuran. Oukitel belum merincikan harga smartphone terbarunya ketika promosi tersebut berakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com