Musim Mudik, XL Siap Diserbu Trafik Internet

Kompas.com - 12/06/2014, 14:29 WIB
Head of Strategic Partnership Development XL Axiata, Alvin Aslam Oik Yusuf/Kompas.comHead of Strategic Partnership Development XL Axiata, Alvin Aslam
Penulis Oik Yusuf
|
EditorAditya Panji
JAKARTA, KOMPAS.com - Musim mudik Lebaran 2014 akan segera datang. Seperti sebelum-sebelumnya, trafik layanan voice (telepon), SMS, dan data ( internet) dari operator seluler diprediksi akan kembali meningkat selama masa tersebut.

XL Axiata memperkirakan trafik data di jaringannya akan mengalami kenaikan menjadi 422 terabyte atau tumbuh 30 persen dibandingkan trafik data hari biasa sebesar 325 terabyte.

Angka tersebut, menurut Head of Strategic Partnership Development XL Axiata Alvin Aslam, jauh lebih besar dibandingkan kondisi Lebaran tahun lalu di mana XL mencatat trafik data sebesar 225 terabyte.

Adapun trafik voice dan SMS juga diprediksi akan mengalami peningkatan dalam persentase yang lebih kecil.

"Kami prediksi Lebaran 2014 (trafik) voice naik antara lima sampai sepuluh persen, SMS naik antara sepuluh hingga lima belas persen," kata Alvin saat mengantar rombongan acara uji jaringan dari Jakarta hingga Yogyakarta, Kamis (12/6/2014).

Pada Lebaran 2013 lalu, XL mencatat trafik voice dan SMS justru menurun dibandingkan hari biasa, masing-masing minus 3,3 persen dan 28 persen, sementara trafik data mencatat kenaikan 21,6 persen.

Alvin menambahkan bahwa utilitas jaringan XL saat ini berkisar di angka 50-60 persen. "Jadi, masih aman. Kami juga mengantisipasi musim mudik ini untuk menjaga kenyamanan pelanggan," katanya.

Salah satu langkah antisipasi XL adalah menggelar mobile BTS di  21 titik di seluruh jalur mudik, dengan konsentrasi utama di daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X