Intel Prediksi Penjualan PC Naik

Kompas.com - 16/06/2014, 14:15 WIB
Ilustrasi komputer jinjing atau laptop ShutterstockIlustrasi komputer jinjing atau laptop
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Produsen prosesor Intel memproyeksi penjualan komputer pribadi (personal computer/ PC) akan meningkatkan mulai kuartal kedua 2014 dan hingga akhir 2014. Hal ini disebabkan adanya permintaan yang kuat dari segmen bisnis.

Sepert dikutip dari Reuters, Intel memprediksi pendapatan mereka pada kuartal kedua ini menjadi 13,7 milliar dollar AS, naik dari prediksi sebelumnya sebesar 13 miliar dollar AS.

Keputusan Microsoft untuk menghentikan dukungan teknis terhadap sistem operasi Windows XP, dinilai sebagai salah satu alasan tumbuhnya penjualan komputer pribadi. Segmen bisnis dan korporasi diprediksi akan membeli unit komputer baru untuk menggantikan komputer yang sudah usang.

Penjualan komputer pribadi memang mengalami penurunan selama delapan kuartal berturut-turut sampai Maret 2014, lantaran pasarnya digerus oleh perangkat mobile, seperti ponsel pintar dan komputer tablet.

Namun, menurut analis Mikako Kitagawa dari lembaga riset Gartner, penjualan komputer pribadi pada kuartal pertama 2014 ini menunjukkan tanda-tanda membaik, meskipun pertumbuhannya masih lambat.

Gartner mencatat, angka penjualan komputer pribadi pada kuartal pertama 2014 menjadi 76,6 juta unit atau turun 1,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, Kitagawa menambahkan, pengiriman komputer pribadi sempat turun 6,9 persen pada kuartal keempat 2013 dan turun 10 persen di sepanjang 2013.



Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X